Hipnoterapi yang dijalankan Maia Estianty

Seperti diketahui, Maia Estianty dan Ahmad Dhani resmi bercerai pada 23 September 2008 silam setelah jalani 12 tahun biduk rumah tangga. Sayangnya, proses perceraian itu pun tak berjalan mulus, Moms.

Beragam isu membumbui perpisahan tersebut, mulai dari hadirnya orang ketiga, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Tak pelak peristiwa itu menorehkan luka cukup dalam bagi Maia. Dan yang paling menyedihkan adalah ia harus kehilangan hak asuh atas ketiga buah hatinya yang masih kecil, Al El Dul.

Ungkap Tak Bisa Menangis Pasca Diselingkuhi, Maia Estianty Sempat Jalani Hipnoterapi
source: https://jambi.tribunnews.com/amp/2019/08/29/bukan-lantaran-mulan-jameela-ini-alasan-ahmad-dhani-talak-3-maia-estianty-lewat-sms-sisi-gelap

Bahkan wanita 43 tahun itu mengaku sempat tak bisa nangis hingga mual-mual saat tahu mantan suaminya itu menjalin kasih dengan sahabatnya sendiri, Mulan Jameela.

"Karena terlalu menyakitkan, tidak bisa diungkapkan lagi. Kalau kejadian enggak enak cuma bisa mual-mual saja, tapi enggak bisa nangis," kata Maia dalam sebuah wawancara dengan Alvin, Kamis (14/11), seperti dilansir dari InsertLive.

Maia memang tak mampu mengungkapkan sakit yang dirasakannya. Seolah kehilangan empati, Ia bahkan sampai tak bisa menangis mengeluarkan air mata. Sampai akhirnya ia menjalani terapi agar bisa lebih tenang dan mengurangi trauma tersebut.

"Mungkin karena terlalu menyakitkan yah, Hipnoterapi sampai dua kali, langsung bisa nangis," kata Maia.

Tak hanya itu, Maia juga seolah menjadi orang yang kejam sangat mendengar ada kerabatnya yang meninggal dunia.

Ungkap Tak Bisa Menangis Pasca Diselingkuhi, Maia Estianty Sempat Jalani Hipnoterapi
source: https://m.tribunnews.com/amp/superskor/2018/11/10/doa-al-ghazali-buat-bunda-maia-estianty-bikin-netizen-tersedu-sedu

"Dulu lihat orang meninggal tuh kayak, 'Ngapain sih pada nangis? Aneh deh. Meninggal ya meninggal aja', kayak gak punya empati gitu ya?" kenangnya sambil tertawa.

"Tapi ya akhirnya bisa kembali punya empati," sambungnya.

Namun kini trauma dan kesedihan itu sudah berlalu. Serangkaian an hipnoterapi yang dijalani cukup berhasil mengembalikan dirinya seperti sedia kala.

"Aku yakin bahwa kebahagian akan menjemputku. itu bertahun-tahun aku pikirin, selalu aku ucapin sendiri ke diri aku juga," pungkasnya.

baca juga

Hipnoterapi, cara ampuh mengatasi trauma masa lalu

Bagi orang-orang yang menyimpan trauma besar, misalnya trauma masa kanak-kanak atau post traumatic stress disorder (PTSD), kehidupan yang mereka jalani sehari-hari terasa penuh dengan beban dan “hantu” yang mengikuti setiap langkah. Trauma yang pernah dialami tetapi belum disembuhkan akan memengaruhi pola pikir dan pola perilaku secara negatif, meskipun kadang hal ini tidak disadari sepenuhnya. Seperti halnya pada kasus Maia Estianty.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh seseorang dengan trauma untuk mengatasi berbagai masalah perilaku. Salah satunya adalah menjalani hipnoterapi. Dengan hipnoterapi, Moms akan diminta untuk menggali ke masa lalu Moms untuk memproses trauma yang menghantui.

Ungkap Tak Bisa Menangis Pasca Diselingkuhi, Maia Estianty Sempat Jalani Hipnoterapi
source: https://www.instagram.com/Maiaestiantyreal/

Hipnoterapis bertanggung jawab untuk melakukan hipnosis, mencari akar trauma psikologis, dan menetralkan atau mengubah persepsi seseorang terhadap suatu kejadian traumatis yang menyebabkan masalah perilaku. Seperti pada kasus Maia Estianty, yang mengalami trauma perceraian hingga hilang rasa empati dalam dirinya. Bukan tidak mungkin, pasca perceraian terjadi, ia menjadi takut dan trauma menjalani hubungan dengan laki-laki lain dan takut gagal lagi.

Ini karena dalam pikiran bawah sadarnya, Maia takut trauma perceraian dan dikhianti ini menimpa kembali pada dirinya. Dia pun menjadi seorang yang apatis dan tidak punya empati pada sesama. Namun, seringkali trauma seperti ini tidak disadari oleh Maia, sehingga dia hanya merasakan frustasi akibat kegagalan dalam berasmara. Selain itu, ia juga tidak mampu mengendalikan emosi karena tak menyadari apa penyebab amarahnya begitu mudah tersulut.

Hipnoterapis yang menangani klien seperti Maia ini akan melakukan hipnosis sehingga klien berada dalam keadaan yang rileks dan sangat terfokus pada pikiran bawah sadarnya sehingga apa pun yang terjadi di sekitarnya tidak akan mengganggu. Setelah itu, hipnoterapis akan memancing memori yang tersimpan jauh di dalam pikiran bawah sadar klien supaya muncul ke permukaan.

Ungkap Tak Bisa Menangis Pasca Diselingkuhi, Maia Estianty Sempat Jalani Hipnoterapi
source: http://www.jogjahipnotis.com/2016/07/apa-itu-hipnoterapi-hypnotherapy.html?m=1

Kemudian memori yang penuh dengan kejadian traumatis dan emosi negatif ini akan dinetralkan lewat pemberian sugesti-sugesti. Misalnya, klien ini akan diberi sugesti untuk memaafkan mantan suaminya. Klien juga akan disugesti untuk memahami bahwa perceraiannya bukan disebabkan oleh klien sendiri. Memori tersebut tidak akan hilang dari ingatan, hanya saja klien tersebut kini memiliki persepsi dan perasaan yang jauh lebih positif terhadap memori itu.

Sesudah klien berhasil memproses dan menetralkan memori tersebut, hipnoterapis akan membantu klien untuk mengubah pola perilaku yang dihasilkan oleh kenangan buruk tersebut. Klien akan disugesti untuk membuka diri dan memercayai orang lain. Dia juga akan diberi sugesti untuk mengendalikan emosinya, misalnya menarik napas panjang ketika amarah mulai meluap.