Dilansir dari CNNIndonesia, sejalan dengan harapan yang dimiliki oleh Mosseri, seorang pengamat media sosial dari Bentang Informatika, Kun Arief Cahyantoro, mengungkapkan bahwa selama ini ada yang salah dalam penentuan konten media sosial yang berkualitas. Kebanyakan orang menganggap bahwa indikator konten berkualitas di Instagram dapat diukur dari seberapa banyak jumlah likes yang diperolehnya. Para pengguna juga menjadi berpikir bahwa kualitas dari postingannya dapat terlihat dari berapa orang yang mengetuk like pada unggahannya.

Fitur 'LIKE' Instagram Hilang, Bagaimana Nasib Selebgram dan Bisnis Jual Beli Followers?
source: https://www.popbuzz.com/

Dengan penghapusan fitur like pada Instagram, ia berharap para pengguna media sosial Instagram dapat lebih fokus pada karya yang diunggah tanpa harus memikirkan jumlah orang yang menyukai postingannya. Di sisi lain, ia juga menyebut bahwa penghapusan fitur likes ini secara langsung dapat memengaruhi bisnis pada selebgram atau influencer yang menawarkan jasa endorsement dalam akun Instagramnya. Tidak bisa dipungkiri, jumlah likes ini merupakan patokan bagaimana engagement yang dimiliki oleh seorang selebgram.  

Fitur 'LIKE' Instagram Hilang, Bagaimana Nasib Selebgram dan Bisnis Jual Beli Followers?
source: https://www.paldesk.com/
baca juga

Di sisi lain, bisnis jual-beli likes dan followers juga cukup umum di kalangan warganet tanah air. Bisnis ini dianggap menjadi modal para pengguna media sosial yang ingin memiliki engagement tinggi dengan jumlah likes yang banyak. Sayangnya, hilangnya fitur like tentu akan mematikan bisnis ini. Tidak bisa dipungkiri, ini adalah berita baik di mana para content creator harus bisa berusaha semaksimal mungkin untuk benar-benar bisa menampilkan karya yang memang layak dan berkualitas untuk menjadi pusat perhatian netizen.

Fitur 'LIKE' Instagram Hilang, Bagaimana Nasib Selebgram dan Bisnis Jual Beli Followers?
source: https://www.phoneworld.com.pk/

Perlu dipahami, jumlah like di Instagram sebenarnya dapat muncul sebagai bentuk hati pada tampilan aplikasi. Namun, fitur ini akan hilang dari feeds utama Instagram, halaman profil, dan halaman permalink. Meskipun begitu, pemilik akun masih dapat melihat jumlah likes mereka sendiri, tetapi pengikut mereka tidak akan tahu berapa jumlahnya.

Fitur 'LIKE' Instagram Hilang, Bagaimana Nasib Selebgram dan Bisnis Jual Beli Followers?
source: https://kuulpeeps.com/

Dengan kata lain, para pengguna masih dapat melakukan tap untuk menyukai konten seperti biasanya dengan mengetuk dua kali pada foto atau video, atau dengan menekan gambar "hati" di bawah sebuah unggahan foto atau video. Namun, jumlah likes yang sudah terkumpul dalam sebuah foto tidak akan lagi muncul dan tampak oleh para followers.