Dilansir dari Haibunda, sebuah studi menemukan fakta bahwa wanita hamil yang terkena paparan asap rokok dapat berisiko pada kematian janin atau bayi lahir dalam kondisi cacat. Dengan kata lain, risiko besar ini tidak hanya dimiliki oleh para ibu hamil yang merokok, tetapi juga ibu hamil yang berada di sekitar perokok. 

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Cacat Janin Hingga Keguguran
source: https://parenting.firstcry.com/

Jo Leonardi-Bee, seorang peneliti dan profesor di Universitas Nottingham di Inggris, mengatakan bahwa para wanita hamil harus dilindungi dari paparan asap rokok selama masa kehamilannya. Ia juga menjelaskan bagaimana risiko yang akan dihadapi para ibu hamil saat menjadi seorang perokok pasif. Meskipun risiko menghirup asapnya tidak sebesar pada perokok aktif, para ibu hamil dapat mengalami keguguran atau bayi lahir dalam kondisi cacat.

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Cacat Janin Hingga Keguguran
source: https://www.bonzun.com/
baca juga

Kemudian, Leonardi-Bee bersama dengan rekan-rekannya sesama peneliti melanjutkan studinya dengan menggabungkan data dari 19 penelitian. Mereka mendapatkan fakta lain di mana paparan asap rokok dikaitkan sebagai penyebab keguguran, kematian bayi sebelum dan sesudah kelahiran, serta bayi dengan cacat lahir.

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Cacat Janin Hingga Keguguran
source: https://www.theolivepress.es/

Fakta ini juga diungkapkan dalam data yang dipublikasikan oleh American Pregnancy, di mana paparan asap rokok pada ibu yang sedang mengandung berisiko tinggi mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Bahkan, pada beberapa kasus paparan asap rokok untuk juga dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, prematus, serta terganggunya perkembangan otak anak. Selain itu, paparan asap rokok selama kehamilan juga dikaitkan dengan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), yaitu kondisi di mana bayi meninggal secara mendadak saat mereka tidur. 

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Cacat Janin Hingga Keguguran
source: https://www.timesnownews.com/

Tidak hanya paparan saat bayi dalam kandungan, paparan asap dan residu rokok saat bayi telah lahir dapat menyebabkan efek negatif pada terganggunya sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi yang terpapar asap dan residu rokok juga rentan mengalami infeksi, pilek, beragam penyakit pernapasan, serta permasalahan gigi. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga diri dari paparan asap rokok selama masa kehamilan. Jangan takut untuk menegur orang yang merokok di tempat umum, Moms!