Dilansir Liputan6, pada tahun 2019, angka perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinilai cukup tinggi. Rata-rata, setiap bulan ada 20 PNS bercerai di Kabupaten Bandung.

Untuk itu, Kepala TP PKK sekaligus Istri Bupati Bandung, Kurnia Agustina Naser mengatakan untuk menekan angka perceraian tersebut, suaminya meminta kepada seluruh PNS untuk memasang foto keluarga di tempat kerja. Cara ini dinilai efektif mencegah terjadinya perceraian.

PNS Diimbau Pasang Foto Keluarga di Kantor Demi Mengurangi Angka Perceraian
source: https://www.jurnal.id/
"Memasang foto keluarga di tempat kerja bisa menjadi booster penyemangat kerja," tutur Nia, Kamis (14/11/2019).
source: https://www.jurnal.id/

Nia menambahkan, dengan memasang foto keluarga, diharapkan hal-hal yang menjadi penyebab perceraian bisa terminimalisasi. Dia mencontohkan, saat terjadi masalah keluarga, bisa mengingat hal-hal menyenangkan ketika melihat foto.

Di samping itu, dengan adanya foto keluarga, diharapkan juga bisa selalu merasa dekat dengan keluarga. 

"Selalu ingat juga, apapun alasan perceraian, anak yang akan menjadi korban," tegasnya.

Pihaknya juga mengajak PNS Kabupaten Bandung untuk mengimplementasikan program Sabilulungan Perlindungan Anak (Saperak) dalam membangun rumah tangga.

PNS Diimbau Pasang Foto Keluarga di Kantor Demi Mengurangi Angka Perceraian
source: https://www.facebook.com/
"Saperak sebagai gerakan bersama, tentunya harus dipahami betul oleh para orang tua, khususnya yang saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bekerja. Dalam Saperak, ayah juga ikut berperan dalam pengasuhan anak. Jika kedua orang tua sudah terlibat dalam mengasuh anak, maka akan terjalin komunikasi yang baik. Insya Allah keluarga kitapun akan harmonis, jauh dari pertengkaran apalagi perceraian," dia menandaskan.
source: https://www.facebook.com/
baca juga

Tips Menghindari Perceraian

Selain memajang foto keluarga di kantor, ada beberapa cara lain yang bisa dijadikan cara agar rumah tangga tetap utuh dan bebas dari perceraian. Di antaranya dengan cara:

Jangan Menyalahkan Satu Sama Lain
Suatu hubungan rumah tangga tentu tidak luput dari kesalahan dan pertengkaran. Namun, dengan menyalahkan satu sama lain tidak akan memeprbaiki permasalahan, yang ada semakin memperkeruh suasana.

Berkompromi Satu Sama Lain
Saat berkompromi satu sama lain, Moms dan Dads tentu harus terbuka terhadap ide-ide dari satu sama lain. Hasil dari pernikahan akan bergantung pada masing-masing pihak, bagaimana  mengesampingkan keinginan individu serta mewujudkan keinginan bersama secara realistis.

Saling Mendengarkan
Komunikasi yang bermasalah seringkali menjadi penyebab akar dari permasalahan suatu hubungan. Sehingga Moms dan Dads memerlukan komunikasi yang baik agar pernikahan dapat berjalan seusai yang diharapkan serta terhindar dari perceraian.

Tips Menghindari Perceraian
source: https://www.popmama.com/

Luruskan Kesalahpahaman
Kesalahpahaman seringkali menjadi salah satu akar penyebab retaknya rumah tangga. Namun, setiap orang tentu memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Jadi, lebih baik menghindari sikap egois ketika pasangan sedang bermasalah. Coba carilah jalan keluar dan menyelesaikan masalah tersebut dengan segara.

Belajar Memaafkan
Manusia adalah tempatnya salah. Tidak ada orang yang suka jika kesalahannya selalu diungkit dan diingat setiap kali bertengkar. Dalam menjalin rumah tangga yang ideal, memaafkan dan melupakan perlu dilakukan agar tidak ada rasa bersalah dan dendam yang menyelimuti batin satu sama lain.

Nah Moms, itu tadi beberapa cara agar rumah tangga selamat dari sebuah perceraian yang menyakitkan. Semoga rumah tangga Moms dan Dads selalu langgeng sampai kakek nenek, ya.