Dilansir WolipopDetik, para peneliti dan psikiater menetapkan kecanduan belanja online sebagai sebuah kondisi kesehatan mental. Menurut mereka, gejala-gejala kondisi tersebut dapat mempengaruhi pikiran dan menyebabkan kecemasan bahkan depresi. Dikatakan gangguan ini telah diidap satu dari 20 orang.

Duh, Kecanduan Belanja Online Termasuk Gangguan Mental! Apa Saja Cirinya?
source: https://womantalk.com/
"Ini adalah waktu untuk menyadari BSD (Buying-Shopping Disorder) sebagai kondisi kesehatan mental tersendiri dan untuk mengumpulkan informasi lanjutan mengenai BSD di internet," ungkap salah satu psikiater, Dr Astrif Müller.
source: https://womantalk.com/

Kecanduan belanja online memang sebuah kondisi yang sebaiknya diatasi. Banyak orang yang jadi menimbun barang di rumah mereka bahkan terlilit hutang karenanya. Tak hanya merugikan diri sendiri, hal ini juga berimbas pada orang-orang sekitar karena ketidakmampuan mereka mengendalikan diri dan menyebabkan pertengkaran.

Dr Astrif telah menemukan bukti dari 122 pasien yang mencari pertolongan untuk masalah kecanduan belanja online. Dari mereka, ditemukan bahwa kondisi ini bisa menimbulkan tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi.

Duh, Kecanduan Belanja Online Termasuk Gangguan Mental! Apa Saja Cirinya?
source: https://koinworks.com/

Para peneliti pun menganggap jika menjamurnya online store, aplikasi, internet, dan pengiriman ke rumah menambah dimensi baru dalam kasus shopaholic. Apalagi mereka bisa melakukannya 24 jam dan tidak perlu benar-benar membawa barang-barang itu sendiri, belum lagi diskon dan promo yang ditawarkan.

baca juga

Belanja Online bisa menjadi candu karena adanya perasaan puas ketika bisa membeli barang yang diinginkan. Dan ini merupakan aktivitas yang memang begitu menyenangkan. Saat sudah ketagihan, perasaan ngidam ingin belanja pun bisa muncul suatu saat. Hal ini menyebabkan banyak orang kehilangan kontrol dan stres.

Duh, Kecanduan Belanja Online Termasuk Gangguan Mental! Apa Saja Cirinya?
source: https://www.merdeka.com/

Berikut ini tanda-tanda seseorang sudah kecanduan belanja online. Peneliti mengungkap gejala-gejala bisa termasuk:

  • Sampai terjerat utang
  • Menyembunyikan barang-barang belanjaan dari orang-orang terdekat
  • Pertengkaran dengan keluarga atau teman
  • Muncul perasaan negatif ketika membeli barang
  • Mencoba tidak belanja tapi tidak bisa menahan

Tips Menghindari Kecanduan Belanja Online

Meski begitu, kecanduan belanja online ini bisa kok Moms dihindari. Jika Moms ingin terhindar dari kecanduan belanja online, Moms bisa mengikut tips berikut ini.

Berhentilah berlangganan iklan online
Jika Moms berlangganan dengan memilih menu subscribe, laman belanja akan mengirimkan iklan secara berkala ke surel Mommies. Nah untuk menghindari godaan membuka laman belanja, berhentilah berlangganan dengan mengklik menu unsubscribe. Atau Moms juga bisa menandai surel-surel itu sebagai “spam” atau “trash” agar tidak mudah terbaca di kotak masuk surel Anda.

Blokir akses internet ke laman belanja favorit
Jika Moms terlalu mudah tergoda membuka laman belanja daring, beranikan diri memblokir laman-laman dan akun-akun belanja di medsos. 

Tips Menghindari Kecanduan Belanja Online
source: https://aura.tabloidbintang.com/

Hapus aplikasi belanja online dari ponsel
Aplikasi belanja daring biasa menawarkan voucer atau potongan harga untuk setiap pengunduh aplikasinya. Ini godaan berat. Namun percayalah, jika Moms mengunduh lalu ketagihan belanja, nilai voucer atau diskon yang Moms dapatkan di awal tidak akan sebanding dengan nilai belanja Anda berikutnya.

Buat Batasan Pribadi
Moms bisa membatasi jumlah pengeluaran berdasarkan limit kartu kredit, atau Moms bisa menerapkan sistem pembagian uang belanja menggunakan amplop (uang digunakan sesuai kebutuhan yang tertera di amplop). Moms juga bisa membuat batasan harga barang tertinggi yang boleh dibeli. Tentukan metode mana yang cocok untuk Mommie, yang jelas disiplin dan berkomitmen pada pilihan Mommies, ya.

Apakah Moms termasuk orang yang sudah kecandunan belanja online? Tentu Moms nggak mau dong memiliki gangguan jiwa. Sebaiknya segera diatasi ya, Moms. Karena kecanduan belanja online itu merugikan.