Dilansir dari CNNIndonesia, wabah pes tersebar akibat infeksi bakteri ini ditularkan melalui gigitan dari kutu dan hewan lain yang terinfeksi. Infeksi bakteri ini dapat berkembang menjadi tiga bentuk wabah dengan gejala yang berbeda, yaitu wabah pes berupa pembengkakan kelenjar getah bening, wabah septikemia yang menginfeksi darah, serta wabah pneumoia yang menginfeksi paru-paru.

Black Death, Wabah Maut Hitam yang Mulai Menyerang China
source: https://www.forbes.com/

Disebutkan pula dua pasien baru dari Mongol yang didiagnosis terinfeksi wabah pneumonia oleh dokter di Beijing sedang mendapatkan perawatan intensif di distrik Chaoyang Beijing. Dokter juga mengatakan bahwa pneumonia yang diderita oleh kedua pasien ini cukup fatal dan dapat mengancam jiwa.

Wabah dikategorikan sebagai salah satu wabah maut hitam ini memang merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan dan telah menghancurkan Eropa. Keberadaan wabah ini tercatat sudah mematikan sekitar 50 juta orang. Sejak itu terjadi, antibiotik pun akhirnya ditemukan dan dianggap dapat mengatasi infeksi yang telah teridentifikasi sejak awal. Akan tetapi, wabah ini sebenarnya tidak pernah benar-benar mati dan menghilang. Wabah ini malah perlahan kembali muncul dan menyerang sebagian orang.

Black Death, Wabah Maut Hitam yang Mulai Menyerang China
source: https://skystatement.com/

Dalam rentang waktu tahun 2010 hingga 2015, tercatat ada lebih dari 3,248 kasus penderita wabah ini yang terjadi di seluruh dunia. Bahkan, 584 orang dari mereka tercatat dalam data WHO telah meninggal dunia.

baca juga

Hingga saat ini, tiga negara yang paling endemik di seluruh dunia antara lain adalah Republik Demokratik Kongo, Madagaskar, dan Peru. Selain itu, di Amerika Serikat juga terdapat beberapa kasus pada tiap tahunnya. Bahkan, di tahun 2015 tercatata ada dua orang asal Colorado yang meninggal dunia karena terinfeksi wabah ini. 

Black Death, Wabah Maut Hitam yang Mulai Menyerang China
source: https://im.indiatimes.in/

Wabah ini telah mengakibatkan sekitar 50 ribu dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Kini, wabah maut black death dikategorikan WHO sebagai penyakit yang kembali muncul. Penelitian di tahun 2018 mengatakan bahwa infeksi penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh tikus, tetapi juga beberapa hewan lain yang terinfeksi seperti kutu.

Untuk bisa menjaga diri dari paparan penyakit mematikan ini, ada beberapa langkah yang bisa Mommy lakukan, antara lain dengan: 

  • Menghilangkan sarang tikus di rumah termasuk halaman, gudang, garasi, dan bagian lain di sekitarnya.
  • Bersihkan juga tumpukan batu dan sampah yang juga berisiko menjadi sarang tikus.
  • Hindari tidur bersama hewan peliharaan, khususnya jika hewan tersebut adalah hewan yang suka berburu tikus.
  • Apabila menemukan tikus mati, jangan langsung menyentuhnya sendiri. Gunakan sarung tangan agar terlindungi dari infeksi bakteri mematikan.