Bulu mata palsu memang menjadi semakin populer belakangan ini. Penggunaan eyelash extension dianggap dapat dengan mudah membuat orang cantik tanpa harus ribet berdandan. Makeup pun menjadi lebih cepat dan praktis dengan penggunaan bulu mata tambahan ini. Sayangnya, kebanyakan orang yang menggunakan bulu mata palsu ini jarang memperhatikan kebersihan dari bulu mata yang dikenakannya. Pasalnya, ini berisiko pada peningkatan bakteri hingga infeksi.

Sering Pakai Eyelash Extension? Waspada Bahaya Kutu Bulu Mata!
source: https://www.prevention.com/

Dilansir dari ABC7, infeksi bakteri dan infeksi pada pemakaian eyelash extension meliputi rasa gatal, kemerahan dan peradangan, hingga yang mungkin lebih mengkhawatirkan adalah keberadaan kutu bulu mata. Kutu merupakan organisme yang hidup dalam folikel rambut ini ternyata juga bisa hidup di bulu mata. Kutu seperti ini bahkan dapat menular dan berpindah kepada siapa pun.

Sering Pakai Eyelash Extension? Waspada Bahaya Kutu Bulu Mata!
source: http://healthylongeyelashes.com/
baca juga

Para dokter mata mengungkapkan bahwa kurangnya pembersihan menyebabkan penumpukan bakteri pada bulu mata, khususnya bulu mata extension. Dengan kata lain, sudah seharusnya orang-orang yang memiliki bulu mata extension memperhatikan kebersihan untuk mengantisipasi hal ini. Namun, kenyataannya kebanyakan orang takut untuk menyentuhnya atau mencuci bulu mata extension tersebut karena mereka takut bulu mata cantik mereka akan rontok.

Sering Pakai Eyelash Extension? Waspada Bahaya Kutu Bulu Mata!
source: https://www.healthline.com/

Selain itu, menjaga kebersihan kelopak mata juga sangat penting. Para dokter sendiri sangat merekomendasikan pembersihan menggunakan bahan dasar tea tree. Penggunaan pembersih yang memiliki kandungan tea tree dapat digunakan untuk membersihkan area mata setiap hari, khususnya bagi para pengguna bulu mata extension. Tea tree oil dapat dikategorikan sebagai bahan perawatan penting untuk rambut, kulit dan kuku dan bersifat antibakteri.

Sering Pakai Eyelash Extension? Waspada Bahaya Kutu Bulu Mata!
source: https://www.healthline.com/

Itulah beberapa hal yang harus Mommy tahu tentang risiko kutu dan infeksi bakteri pada bulu mata extension. Untuk amannya, akan lebih baik untuk memberikan jeda dan waktu istirahat pada mata dari penggunaan bulu mata extension.