1. Morning Sickness Parah

Di awal kehamilan kebanyakan ibu akan mengalami morning sickness. Ada yang ringan, sedang dan tidak sedikit yang tergolong parah. Morning sickness yang parah ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon hCG atau hormon kehamilan, terutama di dua minggu pertama kehamilan. Nah, biasanya morning sickness yang parah menjadi tanda kehamilan kembar.  
 


 

baca juga

2. Mudah Lelah

Tanda kehamilan kembar juga bisa kamu ketahui dengan memerhatikan sinyal-sinyal yang dikirim tubuhmu. Bisanya kamu akan lebih cepat lelah, mengantuk dan lesu, terutama pada dua dan tiga minggu pertama kehamilan. Karena di dalam rahimmu tak hanya ada satu bayi, maka beristirahat cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi ya, Moms! 
 
source: https://www.whattoexpect.com


 

3. Nafsu Makan Bertambah

Saat kamu mengandung bayi kembar, maka jangan heran kalau nafsu makanmu bertambah dan sering makan. Biasanya hal ini mulai terjadi di awal-awal kehamilan. Tak perlu menahan diri untuk makan, dengan alasan takut gemuk, karena makanan yang kamu lahap sangat diperlukan bayi-bayimu untuk bertumbuh. Perhatikan asupan nutrisi yang kamu makan setiap hari ya! Dianjurkan selama kehamilan, ibu makan makanan sehat 3 kali sehari, diselingi dengan camilan sebanyak 2 kali, pagi dan sore. 
 

source: https://bebrainfit.com


 

baca juga

4. Perut Lebih Besar

Coba deh bandingkan ukuran perut dengan ibu lain yang usia kehamilannya sama denganmu. Kalau ukuran perutmu lebih besar, maka bisa jadi kamu hamil kembar. Rahim memang cenderung akan membesar, karena tidak hanya menampung satu tapi dua bayi. 
 

source: http://www.mommyish.com


 

5. Mood Swings

Suasana hatimu mudah sekali berubah selama kehamilan. Kadang tiba-tiba sedih, marah dan senang. Penyebabnya, salah satunya karena tingginya kadar hormon yang dihasilkan tubuh untuk memenuhi perkembangan dua janin dalam rahim. Biasanya mood swings akan mulai terasa di minggu keenam kehamilan. 
 

source: https://qsota.com



 

6. Kadar hCG Tinggi

Kehamilan dapat dideteksi melalui kadar hCG dalam darah atau urine. Jika kadarnya lebih tinggi dari kisaran normal, maka hal itu bisa jadi pertanda bahwa kamu hamil kembar. Untuk itu, kamu perlu melakukan pemeriksaan kadar hCG ke dokter kandungan supaya mendapatkan hasil akurat. 

 

source: https://www.drugrehab.com