Saat Moms baru mengetahui bahwa ada janin yang berkembang di dalam rahim, hendaknya kedua orangtua terus berdoa kepada Allah untuk dikaruniai anak yang sholeh atau sholeha. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja dan dimana saja. Jika ingin doa lebih cepat diijabah oleh Allah SWT, orangtua dapat memanjatkan doa pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat sholat malam atau doa diantara adzan dan iqomat. Teruslah meminta kepada Allah untuk dikaruniai anak yang sholeh dan sholeha.

Amalan Terbaik yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Agar Calon Bayi Sholeh & Sholehah
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSrLzLBP8BvdB-vrZW3fi5wvt67Eh2S1U2JQzm88vH87hLvoQdd

Setelah usia kandungan memasuki bulan ke empat atau lebih, orangtua dapat terus berdoa dengan dibarengi usaha atau ikhtiar. Beberapa ikhtiar yang dapat dilakukan sambil berdoa mendapatkan anak yang sholeh dan sholeha yaitu berusaha menjaga diri dari segala yang diharamkan Allah SWT, mencari rizki yang halal untuk digunakan sehari-hari, meningkatkan amal ibadah, dan amalan-amalan lainnya yang membuat orangtua mendekatkan diri pada Allah SWT.

Amalan Terbaik yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Agar Calon Bayi Sholeh & Sholehah
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQ7a22U8R8En6v-XKyQ_XQ7D9bXHPDI2NKc5_fL-AgaEVERk3-E
baca juga

Salah satu cara mendekatkan diri pada Allah yang sangat dianjurkan saat sedang mengandung yaitu selalu dekat dengan Al-Qur’an. Saat hamil, tidak ada surat khusus yang harus dibaca untuk menjadikan anak sholeh atau sholeha, cantik atau ganteng, dan lain-lain. Semua surat dalam Al-Qur’an baik dibaca dan memiliki arti masing-masing.

Berikut ini beberapa surat dalam Al-Qur’an yang memiliki arti yang baik dan jika diamalkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat mendidik anak menjadi anak sholeh dan sholeha (insyaAllah).

Al-Fatihah

Pada surat Al-Fatihah ayat 5, terdapat arti “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan”. Pada ayat ini, hubungannya dengan kehamilan yaitu hanya kepada Allah lah para orangtua meminta diberikan kesehatan pada ibu dan bayi, dapat melahirkan dengan sehat dan selamat, dimudahkan mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholeha, serta meminta kebaikan-kebaikan lainnya.

baca juga

Luqman

Dalam surat ini terdapat penjelasan bahwa orangtua bertanggung jawab dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Di dalamnya juga dijelaskan mengenai bagaimana seharusnya mendidik anak, apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi masalah, dan lain-lain.

Maryam

Suray Maryam mengisahkan bagaimana Nabi Zakaria diberikan keturunan oleh Allah setelah istrinya divonis mandul dan saat beliau sudah tidak muda lagi. Selain itu, dikisahkan pula Maryam yang mengandung putra bernama Isa padahal Ia tidak pernah berhubungan sama sekali dengan lawan jenis. Surat ini juga mengisahkan bagaimana mudahnya proses Ibunda Maryam melahirkan Nabi Isa. Segala sesuatu pasti akan terjadi jika Allah sudah berkehendak.

Yusuf

Dalam surat ini dikisahkan tentang bagaimana Nabi Yusuf dihina oleh para saudaranya yang iri dengan ketampanannya. Nabi Yusuf sampai diceburkan ke dalam sumur dan dilaporkan kepada ayahnya bahwa Ia telah mati. Walaupun Nabi Yusuf sudah dicaci maki bahkan diperlakukan tidak baik oleh saudara-saudaranya, beliau tidak membenci dan tidak mendendam. Pelajaran ini sangat baik untuk diajarkan kepada anak-anak kelak saat mereka sudah beranjak dewasa.

Demikian beberapa amalan yang baik dilakukan saat sedang hamil. Semoga bermanfaat ya Moms!