Kekurangan Bayi Tabung 

1. Risiko Lahir Kembar Lebih dari Dua Anak

Cara memiliki anak dengan jalan bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF), merupakan metode dengan memasukkan beberapa embrio di dalam rahim Ibu. Biasanya dokter ada yang menaruh lebih dari tiga embrio yang menyebabkan bayi lahir kembar namun dengan kondisi yang tidak sehat alias premature. 

2. Kehamilan di Luar Rahim

Bukan tidak mungkin bayi tabung akan berisiko terjadinya kehamilan ektopik atau hamil di luar rahim. Metode bayi tabung tak semuanya bisa berhasil dari embrio menjadi janin, tapi bisa saja terjadi kelainan seperti kehamilan ektopik tersebut. 

3. Tingkat Keberhasilan 50-60%

Ketika memutuskan untuk melakukan proses bayi tabung, Moms sudah harus siap dengan segala risiko kegagalan. Karena sejak awal dokter akan memberitahukan risiko yang harus Moms dan suami hadapi jika proses bayi tabung tidak berhasil. Biasanya faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan bayi tabung diantaranya, faktor usia, kualitas telur, kualitas sperma, dan kualitas rahim. 

4. Proses yang Panjang dan Mahal

Ingin memilki anak dengan jalan bayi tabung Moms dan suami harus mempersiapkan waktu, tenaga dan materi yang tidak sedikit. Mulai dari proses berkonsultasi dengan dokter spesialis hingga metode bayi tabung dilakukan, setidaknya akan menghabiskan waktu berbulan-bulan. Jadi Moms dan suami harus siap secara mental, fisik dan juga materi. 

 
source: https://crosswalk.com

Kelebihan Bayi Tabung 

1.  Bisa Memiliki Anak Kembar


Bagi Moms dan suami yang memang ingin program bayi kembar, maka kemungkinan besar bisa kamu peroleh melalui bayi tabung. Seperti diketahui metode bayi dilakukan dengan cara memasukan beberapa embrio ke dalam rahim sehingga memungkinkan menghasilkan lebih dari satu atau dua calon bayi. 

2.  Membantu Pasangan yang Ingin Memiliki Anak

Tidak semua pasangan suami istri dapat memiliki anak dengan jalan alami atau hamil tanpa bantuan pengobatan lain. Namun dengan bayi tabung, pasangan yang memiliki gangguan kesuburan dapat memiliki anak dari sel telur dan sperma mereka sendiri. 

3. Tidak Ada Risiko Efek Samping

Metode mempunyai anak dengan jalan bayi tabung tidak akan menimbulkan risiko atau komplikasi pada Si Ibu. Meskipun Moms dan suami harus mengeluarkan biaya mahal, namun metode bayi tabung wajib dicoba demi mendapatkan buah hati yang diidam-idamkan. 
 

source: https://Youtube.com