Dilansir dari DetikHealth, penyakit diabetes kerap terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan rajin berolahraga. Salah satu yang mungkin bisa jadi pilihan Moms adalah diet pengurangan berat badan ala Korea. Konsep diet ini berbasis kuliner Korea yang minim produk makanan olahan, mengurangi panganan kaya lemak, atau makanan bergula. Jadi, Moms nggak perlu takut tersiksa saat diet ya.

1. Hindari makanan yang mengandung susu dan tepung

1. Hindari makanan yang mengandung susu dan tepung

Diet makanan Korea merekomendasikan Moms untuk menghindari produk yang mengandung susu dan tepung. Kedua jenis makanan ini mengandung lemak yang tidak baik untuk kesehatan Moms. Nah, makanan Korea jarang banget lho yang mengandung susu atau tepung.

baca juga

2. Harus makan lebih banyak sayuran daripada nasi

2. Harus makan lebih banyak sayuran daripada nasi

Untuk mengganti makanan yang berupa susu dan tepung, Moms bisa menggantinya dengan sayuran. Makanan yang dikonsumsi biasanya berisi banyak sayuran, sejumlah daging maupun ikan, dan nasi. Kimchi, si sawi fermentasi khas Korea, juga bisa Moms tambahkan. Nah, perbandingan antara nasi dan sayur haris 2x lebih banyak sayurannya ya Moms. Makan banyak sayuran dapat mengurangi banyak kalori tanpa membuat seseorang merasa lapar. Hal ini juga sesuai dengan cara makan yang seharusnya bagi pengidap diabetes, yakni porsi sayur 2x lebih banyak dari nasi.

3. Imbangi dengan olahraga yang teratur

3. Imbangi dengan olahraga yang teratur

Nggak mungkin kan kesehatan bisa datang hanya dengan menjaga pola makan aja? Nah, untuk mengimbangi pola diet Moms, jangan lupakan peran olahraga ya. Moms nggak perlu olahraga yang berat, cukup jogging aja setiap pagi itu sudah jauh lebih baik lho.

baca juga

4. Pakai sedikit bumbu saja ya

4. Pakai sedikit bumbu saja ya

Agar diet Moms berhasil, Moms juga perlu mengurangi makanan berminyak dan hanya pakai sedikit bumbu saja saat proses memasak makanan Korea. Kurangi pula asupan gula dengan mengganti semua soda dan panganan manis lainnya dengan buah segar. Tak lupa, jauhi camilan yang tidak perlu biar Moms nggak 'ngiler'.

Mudah bukan Moms? Yuk kita sama-sama cegah diabetes agar di hari tua tetap sehat dan bugar!