1. Polyester

Sering Digunakan, 5 Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://apparelresources.com/

Dilansir dari Brightside, polyester adalah sejenis kain sintetis populer dan paling banyak digunakan untuk bahan pakaian. Walaupun sebagian polyester diproduksi dengan bahan komponen alami, seperti kapas, dampaknya ternyata masih dapat berbahaya bagi kesehatan penggunaanya.

Pasalnya, saat mengenakan pakaian berbahan polyester, kulit akan menjadi sulit bernapas. Tidak hanya itu, kenaikan suhu tubuh juga berpotensi melepaskan bahan kimia dari bahan ini hingga akhirnya terserap ke kulit. Risikonya antara lain mulai dari masalah dan iritasi seperti ruam, gatal, kemerahan, eksim, dan dermatitis.


2. Rayon Viscose

Sering Digunakan, 5 Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://www.sourceitright.com/

Selanjutnya, bahan yang juga diketahui berbahaya bagi kesehatan adalah rayon. Bahan yang satu ini memiliki serat yang terbentuk dari selulosa. Selulosa ini didapatkan dari proses kimia  yang dikonversi dari bubur kayu. Proses produksi bahan ini memang dapat dikatakan cukup berbahaya. Tidak heran jika memakai produknya juga bisa memberikan dampak tidak sehat. Kain dengan bahan rayon dapat memancarkan zat beracun dan menyebabkan mual, sakit kepala, muntah, nyeri dada dan otot, dan insomnia. 

baca juga


3. Nilon

Sering Digunakan, 5 Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://i.etsystatic.com/

Nilon merupakan bahan pakaian yang terbiasa digunakan untuk memproduksi kaos kaki, pakaian dalam, dan berbagai macam pakaian sehari-hari. Bahan nilon relatif lebih kuat, tahan lama, dengan biaya produksi yang cukup murah. Tidak heran jika bahan ini memang sangat populer digunakan. Sayangnya, bahan nilon sangat kurang direkomendasikan untuk digunakan langsung bersentuhan dengan kulit. Pasalnya, bahan nilon cenderung tidak menyerap keringat sehingga dapat menyebabkan bau tak sedap dan infeksi kulit. 


4. Akrilik

Sering Digunakan, 5 Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://www.shutterstock.com/

Selanjutnya, bahan akrilik yang terbuat dari akrilonitril ternyata juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, bahan ini merupakan karsinogen dan mutagen. Paparan zat pada bahan ini dapat mengakibatkan beragam masalah dengan kesehatan, seperti sakit kepala, mual, pusing, sulit bernapas, kelemahan anggota tubuh, dan banyak lagi. 

baca juga


5. Spandek

Sering Digunakan, 5 Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://www.miexpresscare.com/

Terakhir, bahan yang juga dapat berbahaya dan berisiko mengiritasi kulit adalah spandek. Kain ini cukup populer untuk digunakan sebagai bahan pakaian olahraga seperti bra olahraga, legging, T-shirt, pakaian dalam, celana ketat, bikini, dll. Namun, sebagaimana kain sintetis lainnya, spandek juga terbuat dari bahan kimia berbahaya seperti poliuretan. Bahan kimia inilah yang bersifat karsinogen. Sentuhan langsung dalam waktu yang lama dengan kain berbahan spandek dapat mengakibatkan iritasi kulit seperti dermatitis.

Jadi, pastikan untuk lebih cermat dalam memilih bahan pakaian, Moms. Apalagi jika Mommy memang memiliki alergi pada bahan-bahan tertentu.