Sepanjang masa kehamilan, para wanita biasanya akan mengalami banyak sekali perubahan, khususnya dari tampilan fisik. Hal ini tidak hanya terjadi karena bayi dalam rahim yang terus membesar, tetapi juga karena perubahan hormon tertentu, yang berkontribusi secara langsung pada beragam gejala dan perubahan selama masa kehamilan.

Namun, pada usia kehamilan yang masih 6 minggu, biasanya tidak akan ada banyak perubahan yang terlihat, tetapi kondisi perubahan hormon di masa ini juga dapat berpengaruh pada gejolak kondisi mood para ibu hamil.

Kenali Ciri Hamil 6 Minggu, Ini Perubahan yang Terjadi Pada Ibu dan Janin
source: https://www.drsherry.com/

Perubahan Pada Ibu

Dilansir dari Haibunda, beberapa perubahan yang signifikan terjadi pada kehamilan usia 6 minggu antara lain adalah fluktuasi dari hormon estrogen dan progesteron, kekhawatiran dan kecemasan tentang perubahan besar yang akan terjadi setelah menjadi ibu, rasa lelah dan tekanan fisik, serta perubahan metabolisme.

Perubahan Pada Ibu
source: https://www.self.com/
baca juga

Seorang psikolog klinis dewasa, Tara de Thouars BA, M.PSi., mengatakan bahwa para ibu hamil sebaiknya pada periode ini harus lebih memperhatikan dirinya dengan lebih baik. Para ibu hamil harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pasangan dan keluarga. Mereka juga sangat disarankan untuk memperbanyak istirahat untuk menjaga tubuh selalu fit. Ia juga merekomendasi para ibu hamil untuk selalu melakukan relaksasi, seperti dengan bersantai sambil mendengarkan musik atau menonton.  

Perubahan Pada Ibu
source: https://smamums.sitepreview.ws/

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 6 Minggu

Lalu, bagaimana dengan kondisi janin saat kehamilan memasuki usia 6 minggu? Nah, di usia ini, janin biasanya sudah tumbuh hingga seukuran kacang lentil. Ya, janin di usia 6 minggu memang masih sangat kecil. Akan tetapi, di usia ini Mommy mungkin sudah dapat melihat detak jantungnya saat di-USG dengan denyut 100 kali per menit.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 6 Minggu
source: https://www.goodtoknow.co.uk/

Selain itu, di usia ini bentuk janin juga sudah mulai membentuk telah melengkung membentuk huruf C. Jika diamati, fitur wajah janin usia ini juga akan mulai terbentuk, dengan bintik-bintik yang menandakan lokasi mata akan muncul dan lubang di sisi kepala yang nantinya akan berkembang menjadi telinga. Pada janin juga akan muncul lipatan kecil yang terlihat di bawah otak yang sedang mengalami perkembangan di mana lidah, rahang, dan leher akan tumbuh di usia ini.

baca juga

Di sisi badannya, akan ada kuncup atau benjolan yang nantinya akan berkembang menjadi anggota gerak, yaitu tangan dan kaki. Bahkan, otot dan jaringan tulang juga sudah mulai terbentuk serta ditutupi oleh lapisan kulit yang tipis. Saking tipisnya kulit janin ini, kita dapat melihat jaringan tulang dan otot saat di USG.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 6 Minggu
source: http://hearcampaign.im/

Terakhir, di dalam tubuh janin tersebut juga sudah ada sel-sel yang nantinya akan berkembang menjadi usus. Lengkap juga dengan beberapa tunas jaringan yang perlahan akan tumbuh menjadi organ-organ penting lain seperti paru-paru, hati, dan ginjalnya. Mommy juga dapat mengamati adanya tabung saraf janin yang berada dalam posisi menutup di setiap ujungnya guna melindungi otak dan sumsum tulang belakang si janin.