Melihat fenomena yang tengah ramai itu, tentu banyak yang berpikir sebenarnya apa sih tujuan seseorang memamerkan saldo ATM-nya? Apakah agar dianggap kaya? Atau ada kepuasaan tersendiri dengan mengetahui jumlah uang yang dimiliki?

Dilansir Haibunda, menanggapi fenomena yang tengah ramai ini, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Alfath Megawati yang akrab disapa Ega mengatakan pada dasarnya, manusia akan berusaha menunjukkan sesuatu yang dia anggap menjadi alasan lingkungan dapat menerima dirinya.

Fenomena Artis Pamer Saldo ATM, Ini Pejelasan Psikisnya, Moms!
source: https://www.haibunda.com/

Misalnya, ada orang yang rajin belajar dan mencapai prestasi akademik karena dia menganggap pintar adalah hal yang membuat dirinya diterima oleh lingkungan. Demikian juga pada orang yang berusaha menunjukkan kekayaan dirinya.

kondisi seperti inilah, Moms, yang membuat pembuktian menjadi hal penting bagi diri mereka. Ini bertujuan agar mereka dapat mengangkat keberhargaan dirinya kembali melalui saldo ATM. Menurut Ega, dalam peristiwa fenomena artis pamer saldo ATM, ada juga faktor lain yang mendukung mereka untuk menunjukkan kekayaan yang dimiliki, yaitu popularitas.

Fenomena Artis Pamer Saldo ATM, Ini Pejelasan Psikisnya, Moms!
source: https://today.line.me/
"Popularitas didapatkan dari seberapa banyak masyarakat mengenal mereka. Saat melakukan sesuatu yang tidak biasa dari orang kebanyakan, mereka berharap akan semakin dikenal oleh orang banyak. Perilakunya bisa macam-macam ya," lanjut Ega.
source: https://today.line.me/

Ega juga menjelaskan, ada orang yang mendapatkan popularitas dengan cara positif, yaitu seperti mengumpulkan rewards atau nominasi di bidang keahliannya. Namun ada juga orang yang ingin mendapatkan popularitas dengan cara yang kurang tepat. Contohnya melakukan gimmick, bertingkah laku aneh atau antimainstream, bahkan melakukan hal yang di luar normatif.

baca juga

Pendapat Youtuber Soal Pamer Saldo ATM

Selain menurut pendapat psikolog, seorang YouTuber, Andovi berpendapat semua orang bebas berkarya apa pun dan sah-sah saja memamerkan jumlah saldo mereka. Namun YouTuber itu menegaskan, cara itu bukanlah memotivasi melainkan berbahaya bagi generasi muda di Indonesia.

Menurutnya, fenomena pamer saldo ATM adalah hal buruk sebab seakan menunjukkan uang merupakan segalanya di dunia ini.

Pendapat Youtuber Soal Pamer Saldo ATM
source: https://www.haibunda.com/

Pemilik akun YouTube Skinnyindonesian24 ini menepis, pamer saldo ATM bisa memotivasi generasi muda untuk bekerja keras. Ia meyakini, cara terbaik untuk memotivasi generasi muda adalah dengan menunjukkan kerja keras dalam meraih kesuksesan.

Kalau menurut Mommies bagaimana? Lebih baik populer dengan jalur prestasi seperti yang dikatakan Andovi Atau dengan cara instan seperti bertingkah laku antimainstream?