Moms, perlu diketahui bahwa kotoran yang mengendap di dalam septic tank diurai oleh mikroorganisme. Pada proses penguraian tersebut menghasilkan uap air dan gas. Gas yang dihasilkan adalah gas metana yang memiliki sifat mudah meledak. Proses pembentukan gas tersebut disebut dengan proses anaerobik. Dan, gas itu juga bisa terakumulasi di dalam septic tank.

5 Kesalahan yang Jadi Penyebab Septic Tank Penuh Hingga Rawan Meledak

Pada saat proses anaerobik itu terjadi tidak boleh ada oksigennya, karena bakteri itu bisa hidup tanpa oksigen. Makanya, itulah alasan mengapa septic tank harus berada di kedalaman tertentu, kedap udara, dan ada pipa saluran gasnya. Jika gas metana di dalam septic tank tersebut tersulut api maka bisa menimbulkan ledakan.

Dilansir dari Detik, menurut Neni Sintawardani (Peneliti Utama Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI), septic tank jadi perlu disedot karena kepenuhan, mampet, dan berbau. Itu bisa juga menjadi penyebab insiden septic tank sampai meledak. Maka, bukan septic tank-nya yang diharapkan untuk disedot, tetapi tempat pengumpul tinjanya saja.
 
Lalu, apa saja kesalahan yang bisa membuat septic tank cepat penuh sehingga perlu sering disedot hingga rawan meledak? 

5 Kesalahan yang Jadi Penyebab Septic Tank Penuh Hingga Rawan Meledak

Asal Desain
Septic tank yang dibaik seharusnya dirancang dengan memperhitungkan volume jumlah limbah yang dihasilkan oleh penghuni. Sehingga,  air limbah yang masuk dan keluar usai proses dekomposisi bisa terjaga secara seimbang. Selain itu, septic tank juga minimal harus terbagi menjadi dua ruangan, yaitu satu sebagai tempat penampungan dan satu ruang lagi sebagai tempat kedap udara untuk bakteri menguraikan limbah. Jika volumenya sesuai dengan apa yang masuk dan desainnya tidak satu ruang, maka akan lebih aman dan stabil. Sehingga, tidak perlu dilakukan penyedotan terlalu sering.
 
Tapi, pada kenyataannya, masih banyak septic tank yang ada di rumah-rumah penduduk yang salah desainnya. Inilah yang harus dijadikan perhatian. Silahkan moms diperiksa bagaimana desain septic tank di rumah masing-masing.
 
Buang Pembersih Atau Antiseptic
Banyak kasus dimana ada saja yang membuang limbah yang ada cairan pembersih atau antiseptik ke dalam septic tank. Hal tersebut dapat membunuh bakteri pengurai yang ada di septic tank. Sebaiknya jangan dilakukan. Lebih baik, cukup bersihkan toilet dengan sikat dan air.

baca juga
5 Kesalahan yang Jadi Penyebab Septic Tank Penuh Hingga Rawan Meledak

Ventilasi Tak Terpelihara
Dalam beberapa kasus ada pemilik rumah yang tidak tahu lokasi septic tank-nya. Ketika ini terjadi biasanya ventilasi septic tank mereka tidak terpelihara dengan baik dan rawan tertutup oleh sampah, sehingga gas hasil penguraian bakteri menumpuk di septic tank dan tidak ada saluran keluar. Nah, itu lama-lama membuat tekanan gas kuat yang jjuga bisa meledak.
 
Bakar-Bakar Dekat Ventilasi
Bahkan, beberapa orang kadang tidak sadar menempatkan sumber api dekat ventilasi septic tank. Hal itu bias juga dikarenakan ketidaktahuan tempat septic tank-nya. Kalau tahu, sebaiknya hindari. Jangan melakukan kegiatan bakar-bakar di dekat situ karena ada biogas-nya. Selain itu, sebaiknya larang anak-anak bermain dekat tempat septic tank, apalagi jika mainannya seperti petasan. Ini sangat berbahaya, moms.

Sedot Habis
Kekeliruan berikutnya yang kerap membuat septic tank rawan cepat penuh adalah keliru menyedot limbah septic tank sampai habis. Hal ini dapat membuat bakteri pengurai berkurang drastis sehingga membutuhkan waktu lama sampai bisa melakukan tugasnya seperti semula.
 
Lalu, bagaimana solusi yang bisa dilakukan? Tempat pembuangan ini memang memerlukan penanganan khusus agar tidak membahayakan penghuninya. Untuk melakukan pencegahan, sebaiknya buat saluran gas yang jauh dari rumah untuk mengurangi potensi kebakaran dan saluran gas septic tank jangan sampai tertutup agar gas bisa keluar.
 
Mari moms periksa septic tank di rumah masing-masing dan diperhatikan jangan sampai lima kesalahan yang disebutkan di atas terjadi. Hal ini demi kebaikan bersama. Semoga informasi ini bermanfaat.