USIA 0-3 BULAN

Pada bulan-bulan pertamanya, sebelum memegang sesuatu ataupun duduk, bayi biasanya akan mengekplorasi sekitarnya dengan menggunakan indra penglihatannya atau kedua mata. Penglihatan bayi mungkin masih agak kabur, namun terkadang sudah mengenali benda yang berada sekitar 30 cm dari matanya. Bayi senang melihat wajah seseorang dan sudah mengenali rupa orangtuanya, di usia 1 bulan. Selain itu, ia sering menatap benda-benar berwarna terang, dan tertarik dengan suara ataupun bunyi yang lembut. 

Rekomendasi mainan bayi untuk usia 0-3 bulan: 

1. Mainan yang Dipegang
Belikan mainan yang bisa dipegang dengan tangan. Mungkin awalnya, Si Kecil belum bisa memegangnya dengan tangan, namun Ia akan tertantang meraih dan memukul-mukulnya. 

2. Mainan dengan Cermin
Pilihkan mainan yang dilengkapi dengan cermin yang tidak mudah pecah, dan tentunya aman. Bayi akan penasaran melihat bayangannya sendiri dalam cermin, Ia akan tersenyum-senyum sendiri melihatnya. 
 

source: http://katalog.or.id

3. Buku
Di usia ini, kamu juga sudah bisa memberikan buku kepada bayi. Pilih buku yang berpermukaan lembut dan berwarna terang. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kain flanel. 

4. Wind Chimes
Bayi suka mendengar musik lembut, jadi coba belikan lonceng angin (wind chimes) dan letakkan di tempat yang terlihat, seperti di atas boks bayi. 

 

baca juga

USIA 3-6 BULAN

Di usia ini, kedua telapak tangan bayi sudah tak terkepal dan bebas digunakannya untuk meraih, memegang dan memainkan benda. Bayi sudah mulai membolak-balikkan mainan yang dipegang dan meraba segala sisinya. Kadang juga dimasukkan ke dalam mulut. Karena itu, pilihkan mainan yang tidak berisiko melukainya, berukuran kecil agar tidak tertelan ataupun tersedak serta tidak terbuat dari zat kimia berbahaya. 

Rekomendasi mainan bayi usia 3-6 bulan: 

1. Activity Bars

Sebaiknya beli stroller, car seat, maupun crib bayi yang dilengkapi dengan activity bars. Meski sedang duduk, ataupun berbaring si bayi masih dapat bermain-main dengan activity bars yang ada dalam jangkauannya. 

2. Boneka
Bayi perempuan maupun laki-laki tak masalah kok, Moms dibelikan boneka. Belikan boneka yang lembut dan tak terdapat benda kecil, seperti lonceng, pita maupun kancing, karena bisa saja terlepas dan dimasukkan ke dalam mulut bayi. 
 

source: https://www.momtricks.com

3. Mainan Karet
Bayi suka dengan suara ataupun bunyi. Nah, kamu bisa membelikannya mainan karet yang bila dipencet akan berbunyi, misalnya mainan bebek-bebek kecil, yang menemani waktu mandinya jadi menyenangkan. 

4. Mainan Teether
Di sekitar usia ini, gigi bayi sudah mulai tumbuh. Jadi, kamu bisa membelikannya teether yang bisa dimainkan dan digigit-gigit untuk menyamankan rasa nyeri tumbuh giginya. 

 

USIA 6-9 BULAN

Di usia 6-9 bulan, bayi semakin kuat lho, Moms. Kalau selama ini hanya bisa menggenggam sesuatu, maka sekarang ia sudah punya kekuatan melempar, mengaduk-aduk ataupun memukul sebuah benda. Selain itu, bayi juga makin aktif bergerak kesana-kemari. 
Untuk itu, pilihkan mainan yang mendukung kemampuannya ini ya, Moms. Beberapa di antaranya seperti: 

1. Bola
Beli bola yang diameternya lebih besar dari mulut bayi sehingga tidak tertelan saat hendak dimasukkan ke dalam mulut. Pilih bola berwarna terang agar si kecil semakin berminat. Lemparkan bola di lantai dan si kecil akan merangkak ke sana-kemari untuk mengambilnya. 

2. Mainan Alat Musik
Bayi suka sekali mendengar suara yang belum didengar sebelumnya. Untuk melatih indra pendengaran dan motoriknya, berikan mainan yang menghasilkan bunyi misalnya drum mainan yang bisa dipukulnya. 
 

source: https://www.fatbraintoys.com

3. Mainan Dorong
Saat bayi mulai bergerak, ia akan tertarik dengan mainan yang bisa bergerak pula. Kamu bisa membelikan mainan berupa mobil-mobilan, agar semakin merangsang bayi aktif bergerak. 

 

baca juga

USIA 9-12 BULAN

Di usia ini bayi suka sekali berpinda tempat dengan merayap, merangkak, maupun merambat sambil berpegang pada bend-benda. Selain itu ia penasaran pada mainan interaktif yang bisa dimainkan bersama orang dewasa. Beberapa mainan bayi yang cocok di usia 9-12 bulan yaitu: 

1. Telepon Mainan
Bayi suka meniru hal yang dilakukan orang dewasa. Mungkin ketika melihatmu berbicara lewat telepon atau smartphone, bayi ingin melakukannya juga. Jadi, kamu bisa membelikannya telepon mainan. Biarkan bayi mengoceh sendirian sambil memencet tombol telepon mainannya. Sesekali berpura-puralah mengobrol lewat telepon dengannya. 

2. Blok
Ini adalah mainan yang wajib ada untuk bayi di usia ini. Stimulasi kemampuan motorik bayi dengan menyusun balok menjadi tinggi, lalu merobohkannya kembali. 
 

source: https://www.shutterstock.com

3. Buku
Buka sangat berguna, tidak hanya untuk menemani bayi bermain tapi sebagai awal untuk mendorongnya membaca dan mengetahui banyak hal. Banyak buku unik yang khusus dibuat untuk bayi, misalnya yang dilengkapi dengan musik, 3D dan sebagainya. Bayimu harus punya setidaknya buku seperti itu ya, Moms!