1. Rutin membersihkan wajah

Perawatan yang mudah namun penting untuk dilakukan setiap hari adalah rutin membersihkan wajah. Sebab, bila  menggunakan makeup seharian dan tidak membersihkan wajah secara maksimal di malam hari, akan membuat kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah. Hasilnya wajah akan terlihat kusam dan berjerawat. Sebaiknya, sebelum tidur, bersihkan wajah dengan cara double cleansing, yaitu bersihkan makeup terlebih dahulu menggunakan cleansing balm/oil/water diikuti dengan facial wash.

1. Rutin membersihkan wajah
source: http://www.shutterstock.com

2. Eksofiliasi / Scrubbing

Eksfoliasi atau scrubbing bertujuan untuk mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang ada, yang menjadi penyebab kulit kusam. Hal ini dengan tujuan agar kulit dapat beregenarasi. Scrub juga dapat membersihkan pori-pori wajah, sehingga kulit dapat bernafas. Makeup artis ternama, Bubah Alfian juga menyarankan dilakukannya scrubbing jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. "Kalau bisa scrubbing rajin dilakukan minimal dua minggu sekali, kan sekarang banyak produknya dijual di pasaran. Tapi saran saya pilih yang aman dan sesuai dengan jenis kulit" ungkap Bubah. Bubah juga menambahkan untuk jenis kulit yang berjerawat jangan melakukan scrubbing karena bisa menambah peradangan pada jerawat.
2. Eksofiliasi / Scrubbing
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

3. Facial dan konsultasi ke dokter

Facial juga menjadi salah satu cara agar kulit terlihat bercahaya, sehat dan bersih. Selain itu, ada baiknya konsultasikan ke dokter kecantikan, permasalahan kulit apa saja yang dialami dan cara mengatasinya. Pastikan produk-produk yang diberikan dokter tergolong ringan dan tidak mempunyai efek samping yang terlalu banyak seperti meradang atau mengelupas. Sebaiknya facial dilakukan di klinik kecantikan langganan dan dilakukan 1 bulan sebelum hari pernikahan, untuk menghindari efek wajah kemerahan.

3. Facial dan konsultasi ke dokter
source: http://www.boulderfacecare.com

4. Masker atau lulur

Masker atau lulur juga penting dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Perawatan masker ini bisa berupa masker bilas (wash off mask), sheet mask ataupun masker bahan alami atau lulur. Lakukan perawatan masker sekitar 1-2 bulan menjelang hari pernikahan. Tidak perlu setiap hari maskeran, cukup seminggu 1 atau 2 kali saja. Pilih masker yang sesuai kebutuhan kulit, seperti hidrasi, meredakan jerawatan atau brightening.
4. Masker atau lulur
source: http://www.sanctuarysalondayspa.com
baca juga

5. Gunakan tabir surya

Tak ada artinya bila melakukan perawatan yang cukup banyak dan panjang tapi lupa mengenakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya penting bagi kulit wajah karena dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sinar UV A dan UV B dapat merusak kulit dan membuat noda hitam serta membuat kulit kusam. Tabir surya dapat menangkal efek buruk dari sinar UV A dan sinar UV B yang masuk ke dalam kulit. Saat cuaca sangat terik, pilih tabir surya dengan jumlah SPF yang cukup tinggi seperti SPF 35 atau SPF 50 PA++++.

5. Gunakan tabir surya
source: http://www.primacare-clinics.com

6. Hidrasi kulit

Menghidrasi kulit juga penting bagi kulit wajah calon pengantin. Tidak hanya pemilik kulit kering saja yang butuh hidrasi. Kulit berminyak dan berjerawat juga penting untuk memberikan kelembapan pada wajah. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kadar air dan minyak pada kulit wajah. Bila kulit kekurangan hidrasi, atau biasa yang dikenal dengan kulit dehidrasi dapat menimbulkan permasalahan di wajah seperti bruntusan, jerawat hingga minyak berlebih. Sebaiknya pilih produk yang memberikan kelembapan yang pas untuk kulit. Kandungan yang baik untuk hidrasi kulit antara lain vitamin E, aloe vera, rose water dan lainnya.

Hidrasi juga dapat dilakukan dalam tubuh. Biasanya kulit yang kering atau dehidrasi memberikan sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Konsumsi air putih rutin setiap hari dan jangan lupa untuk mengonsumsi buah, sayur untuk menambah cairan tubuh. Bila perlu konsumsi suplemen dan vitamin.

6. Hidrasi kulit
source: http://www.livingprettyhappy.com

Selain perawatan kulit wajah di atas, penting juga untuk menjaga pikiran. Jangan sampai stress dalam mengurusi hari pernikahan. Sebab, stress dapat memicu permasalahan di wajah. Bila sedang dilanda stress, luangkan waktu sejenak untuk refreshing atau relaksasi.

Pastikan wajah dan tubuh tetap terawat hingga hari pernikahan, ya! Tetap semangat!