Ukuran Panggul yang Sempit

Ukuran panggul berbeda pada setiap ibu. Walaupun dari luar bentuk tubuh pinggul Moms terlihat besar, namun belum tentu panggul Moms cukup untuk dilewati si kecil saat akan lahir. Jika ukuran panggul sudah dinyatakan tidak muat untuk bayi oleh dokter, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi caesar.

5 Penyebab Pembukaan Saat Melahirkan Berlangsung Lama
source: https://i.ytimg.com/vi/5aWxDXjtaxs/hqdefault.jpg

Posisi Bayi Tidak Sesuai

Untuk bisa melahirkan secara normal, umumnya posisi bayi harus ada pada posisi bawah, dekat dengan jalur lahir. Jika posisi bayi sudah benar, biasanya proses pembukaan tidak akan terlalu lama. Namun lain halnya jika posisi bayi tidak sesuai, misalnya sungsang atau posisi lainnya, biasanya pembukaan akan lebih lama.

5 Penyebab Pembukaan Saat Melahirkan Berlangsung Lama
source: https://i.ytimg.com/vi/6L5Xf1Mk2nQ/maxresdefault.jpg
baca juga

Plasenta Previa

Plasenta previa merupakan kondisi dimana plasenta bayi menutupi jalan lahir. Ada tiga posisi plasenta pada kondisi plasenta previa. Jika plasenta berada tepat menutupi jalur lahir, bayi tidak akan bisa keluar secara normal karena jalur lahirnya terturup. Hal ini juga dapat memperlambat pembukaan.

5 Penyebab Pembukaan Saat Melahirkan Berlangsung Lama
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSH8ma8N2TXh__oBYzh5ci-fW3aorz4CqU9xGd3fL7x4Ge545Y-

Ukuran Bayi yang Besar

Selain ukuran panggul yang sempit, bayi yang beratnya cukup besar juga bisa menjadi penyebab lamanya proses pembukaan. Pasalnya, bayi dengan berat badan yang cukup besar akan lebih sulit melewati jalur lahir dan akan memperlama proses pembukaan.

5 Penyebab Pembukaan Saat Melahirkan Berlangsung Lama
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcS6RK05bu5IV8JvN12fCnVcNheh30BqNne9U7H1U2PFPK7kc-Mt
baca juga

Bayi Kembar

Jika Moms mengandung bayi kembar, biasanya akan sulit mengalami kontraksi alami. Biasanya, dokter akan menyarankan proses melahirkan caesar bagi ibu yang hamil bayi kembar. Tapi, sangat tidak menutup kemungkinan jika bayi kembar dilahirkn secara normal.

5 Penyebab Pembukaan Saat Melahirkan Berlangsung Lama
source: https://ichef.bbci.co.uk/news/660/cpsprodpb/6FBD/production/_88650682_babyfeet.jpg

Itu tadi beberapa alasan mengapa proses pembukaan memakan waktu yang lama. Semoga bermanfaat Moms!