Dilansir CNNIndonesia, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyatakan pemerintah akan menggelontorkan insentif sebesar Rp3,65 juta sampai dengan Rp7,65 juta per kepala untuk peserta program Kartu Prakerja yang dijalankan pemerintah mulai 2020 mendatang.

Menurutnya, insentif tersebut diberikan kepada peserta untuk empat keperluan. Pertama, membiayai pelatihan. Nantinya akan ada pelatihan dengan biaya pelatihan Rp3 juta- Rp7 juta. Hal tersebut bergantung dari jenis pelatihan yang diikuti peserta.

"Biaya pelatihan Rp3 juta- Rp7 juta itu bergantung dari jenis pelatihan yang diikuti peserta," kata Ida saat Rapat Kerja (Raker) Kementerian Ketenagakerjaan dengan Komisi IX DPR, Rabu (20/11).

Pengangguran Akan 'Digaji' Jokowi Rp7 Juta di Tahun 2020? Ini Penjelasannya
source: https://www.cnnindonesia.com/

Sedangkan keperluan kedua adalah untuk biaya sertifikasi. Untuk sertifikasi, Ida menyebut biaya akan disubsidi pemerintah. Subsidi diberikan sebanyak Rp0- Rp900 ribu.

"Nah, sertifikasi itu sendiri tergantung perusahaan butuh sertifikasi atau tidak, kalau tidak ada ya nol," katanya.

Sementara itu, keperluan ketiga adalah insentif paska pelatihan. Peserta akan diberikan insentif sebesar Rp500 ribu untuk kebutuhan melamar pekerjaan.

"Ini insentif untuk persiapan pelamaran kerja. Karena mereka posisinya pencari kerja, maka bisa dilihat mereka tidak dalam status finansial untuk mencari lowongan," tuturnya.

Dan keperluah terakhir yang keempat adalah untuk biaya pengisian survey. Total insentif yang digelontorkan untuk biaya pengisian survey sebesar Rp150 ribu. Biaya diakumulasi dari pengisian tiga survey yang akan diisi peserta setelah melewati program pelatihan dan juga proses sertifikasi.

"Diberikan reward Rp50 ribu setelah pengisian survey. Survey pekerjaan dilakukan tiga kali, jadi 3 x Rp50 ribu," ungkapnya.

Ida mengatakan survey dilakukan untuk mendata dan melihat status para peserta program Kartu Prakerja yang telah mengikuti program pelatihan ataupun uji kompetensi untuk sertifikasi. Nantinya data ini akan bermanfaat bagi project management office untuk meningkatkan kualitas dan kinerja layanan program Kartu Prakerja.

Pengangguran Akan 'Digaji' Jokowi Rp7 Juta di Tahun 2020? Ini Penjelasannya

Untuk Program Kartu Prakerja ini, Pemerintah berencana akan menggelontorkan anggaran Rp10 triliun untuk menjalankan Program Kartu Prakerja. Program tersebut merupakan salah satu janji yang disampaikan Presiden Jokowi saat Pemilihan Presiden 2019.

Berdasarkan data paparan Ida, total anggaran program Kartu Prakerja yang ada di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 adalah sejumlah Rp10 triliun.

"Jadi, total manfaat per peserta berkisar Rp3.650.000 hingga Rp7.650.000 dengan total anggaran yang ada di APBN 2020 sejumlah Rp10 triliun, dengan estimasi dua juta penduduk yang akan mengikuti program," pungkasnya.

baca juga

Tips Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Untuk Moms atau Dads yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Jangan berputus asa, ya. Yuk coba ikuti tips agar Moms atau Dads cepat mendapatkan pekerjaan. Berikut ini tipsnya, Moms.

  • Cari kerja yang sesuai dengan keahlian, ini salah satu faktor penentu penting, agar Moms bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Perusahaan membutuhkan orang yang sudah cukup mengerti di bidangnya, bukan seseorang yang menghambat work flow mereka.
  • Perluas Relasi, memperluas relasi dapat mendukung Mommies untuk dapat pekerjaan dengan cepat! Salah satu contohnya, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, mungkin Moms bisa mengetahuinya lebih cepat dibandingkan masyarakat umum, karena Moms diberikan info oleh teman Mommies yang bekerja di perusahaan tersebut.
Tips Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan
  • Tingkatkan Skill, dalam bekerja Moms memerlukan skillsoft skill (kemampuan sosial, berbicara, mengelola orang, dll) dan hard skill (kemampuan berbahasa asing, teknologi, akademis, dll). Penting bagi Mommies mengembangkan kedua tipe skill tersebut, semakin banyak keahlian/kemampuan Mommies, maka akan terlihat semakin berharganya kamu di mata HRD.
  • Ikut Jobfair, Job fair adalah salah satu cara yang masih disukai hingga sekarang. Saat mengikuti job fair perhatikanlah segalanya sedetail mungkin, dari pakaian hingga penulisan resume. Persiapkan mental dan fisik. Job fair memiliki keuntungan dibandingkan cara mencari kerja lainnya yaitu kamu bisa bertemu HR secara langsung.
Jadi, tetap semangat dan siapkan banyak resume untuk dikirim ke banyak perusahaan ya, Moms.