Umumnya, setelah enam bulan berjalan, keseimbangan anak baru mulai sempurna dan mereka sudah bisa berjalan dengan kokoh. Meskipun begitu, Moms masih harus tetap mendampingi si kecil saat proses belajar berjalannya hingga benar-benar sudah sempurna.

Jangan Abaikan Bayi Sering Jatuh Saat Belajar Berjalan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRN61JplqoFTCGiRaGx57VThbAe2xwOoA3Inv-7l5zHxy2be3rw

Meskipun jatuh saat belajar berjalan wajar terjadi, namun Moms harus waspada jika hal tersebut terjadi sangat sering. Moms juga harus segera konsultasi dengan dokter apabila si kecil belum bisa berjalan padahal usianya sudah memasuki usia 18 bulan.

Menurut spesialis anak dr.James F. Battey Jr., dilansir dari Haibunda, mungkin saja anak mengalami gangguan keseimbangan jika seringkali terjatuh, padahal jika dilihat dari usianya seharusnya si kecil sudah bisa berjalan normal. Gangguan keseimbangan ini terkadang sering diabaikan oleh para orangtua karena menganggap hal tersebut normal terjadi. 
Jangan Abaikan Bayi Sering Jatuh Saat Belajar Berjalan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
source: https://media.front.xoedge.com/images/f2c47115-a1c4-4c94-b180-b0b7bc80ea2d~rs_1080.h
baca juga

"Temuan ini menunjukkan bahwa pusing dan masalah keseimbangan cukup umum di antara anak-anak," ungkap dr. Battey.

Biasanya masalah keseimbangan dapat segera diobati dan hanya bersifat sementara. Namun, pada kondisi tertentu, hal ini bisa merupakan gejala yang serius dan menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Perlu konsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut masalah keseimbangan pada si kecil.

Jangan Abaikan Bayi Sering Jatuh Saat Belajar Berjalan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
source: https://www.podogo.com/wp-content/uploads/2018/11/1490228625957.jpg

Dr. Battey menjelaskan bahwa keseimbangan pada tubuh merupakan hal yang kompleks. Untuk menghasilkan keseimbangan yang baik, diperlukan kerjasama antar beberapa bagian dari tubuh yaitu otak, telinga, mata, sensor di persendian, dan bagian tubuh lainnya. Jika ada sensor yang salah pada salah satu bagian tubuh yang terlibat, maka akan menyebabkan melemahnya keseimbangan.

Gejala lain terlihat yaitu penglihatan kabur, muntah, diare, kebingungan, dan kecemasan. Umumnya, beberapa penyebab masalah keseimbangan pada anak yaitu berkisar dari infeksi telinga, sakit kepala parah, dan obat-obatan tertentu, hingga gangguan neurologis yang lebih serius, cedera kepala atau leher, dan kondisi genetik.

Jangan Abaikan Bayi Sering Jatuh Saat Belajar Berjalan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
source: https://static.wixstatic.com/media/ef17eb_cc93ddc6bb574c238d9462d3789918f5~mv2.jpg
baca juga

"Orang tua yang melihat masalah keseimbangan pada anak-anak mereka harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengurangi kondisi yang serius," kata dr Battey.