Menimbulkan Masalah Kulit

Saat terlalu lama berada di ruangan yang dingin, kulit akan menjadi kering karena udara dingin dari AC dapat menghilangkan kelembaban kulit. Di dalam ruangan AC anak juga tidak akan mengeluarkan keringat sehingga kulit si kecil tidak akan terlatih dengan perubahan suhu. Suhu dingin dari AC ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

5 Risiko Kesehatan Jika Anak Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcR9P3HALxH03hqHVZ7iQ3Sw3vNFdAaG66oI2at97FcOpDB6PUsF

Mata Menjadi Kering

Udara yang dingin tidak hanya membuat kulit menjadi kering. Salah satu bagian tubuh yang juga akan mengalami reaksi kering jika terlalu lama di udara dingin yaitu mata. Normalnya, mata akan selalu berair. Namun, jika si kecil terlalu lama dalam ruangan dingin, bisa jadi mata menjadi kering dan menimbulkan reaksi merah. Hal ini juga dapat membuat mata menjadi perih. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berbahaya bagi kesehatan mata.

5 Risiko Kesehatan Jika Anak Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSEfJBldPYwKpAQoWc4QrKV-4zKj2EXxDXxkGqxal5aSwgO1ZNF
baca juga

Pneumonia

Pneumonia merupakan gangguan yang terjadi pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh kuman legionella pneumonia. AC atau pendingin ruangan yang tidak dibersihkan bisa menjadi salah satu penyebab anak terserang kuman ini. Pasalnya, ruangan ber-AC pasti tertutup dan udara di dalamnya akan berputar hanya di dalam ruangan tersebut. Bila ada kuman, maka akan tersedot oleh pendingin dan kemudian dikeluarkan lagi hingga dihirup oleh anak-anak.

5 Risiko Kesehatan Jika Anak Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRu2-FEflLNa6nyI22bJbkBh6b6Sm__RNbGPoviXiCEcV-WJ7Kk

Gangguan Saluran Pernafasan Atas

Gangguan pernafasan ini dapat disebabkan oleh virus dan memiliki gejala batuk keras seperti menggonggong. Selain itu, gejala dari gangguan ini yaitu timbulnya sesak nafas dan suara nafas yang kasar. Hal ini bisa disebabkan oleh anak menghirup udara kotor dari AC yang tidak dibersihkan.

5 Risiko Kesehatan Jika Anak Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC
source: https://baby-goo-roo-production.s3.amazonaws.com/article_primary_images/02f43a68-ceea-4274-b727-44485580c74e.png
baca juga

Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Saat berada di ruangan terbuka, tubuh akan lebih banyak mendapatkan oksigen sehingga sel darah putih dapat bekerja secara optimal. Jika di ruangan ber-AC, tubuh akan lebih sedikit mendapat oksigen sehingga kerja sel darah putih kurang optimal dan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

5 Risiko Kesehatan Jika Anak Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC
source: https://m0.herfamily.ie/wp-content/uploads/2018/01/02163549/Little-girl-with-fever-thermometer-iStock.png

Demikian beberapa efek negatif dari terlalu sering berada dalam ruangan ber-AC. Semoga bermanfaat Moms!