Mabuk udara dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah dan membuat penderitanya mengalami pusing, pucat, perut terasa tidak nyaman dan lemas yang berlebih. Untuk sebagian orang rentan mengalami mabuk udara karena merasa cemas atau perasaan takut ketika terbang. Faktor-faktor terjadinya mabuk udara saat naik pesawat yaitu bermain gadget, membaca buku, menderita gangguan keseimbangan tubuh, seperti migrain, atau yang sudah memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Ketika Moms sudah merasa tidak enak badan, pusing, atau mual, coba untuk segera membaringkan diri dan mencoba tidur sejenak atau memejamkan mata sampai gejala tersebut mereda. Untuk mencegah mabuk udara Moms dan keluarga dapat mencoba tips berikut ini agar perjalanan Moms dan keluarga tidak terganggu dan menyenangkan. Yuk Moms simak tips berikut ini:

Cegah Mabuk Udara Saat Naik Pesawat dengan 5 Tips Ini

1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Biasakan untuk selalu mengisi perut sebelum melakukan perjalanan, hal ini sangat penting dilakukan agar tidak mengalami mabuk udara/perjalanan yang parah. Usahakan mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit bisa menjadi solusinya. Perut yang kosong akan menjadikan Moms dan keluarga mengalami lemas dan mual saat diperjalanan.

2. Konsumsi Makanan Rendah Sodium, Sehari Sebelum Keberangkatan

Moms dan keluarga dianjurkan menghindari mengonsumsi makanan berat atau yang tinggi akan lemak yang dapat membuat perut sakit sebelum melakukan perjalanan. Pilihlah camilan sebagai alternatifnya, dan juga perlu mengonsumsi makanan yang rendah sodium seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Kurangi Penggunaan Gadget di Perjalanan

Saat mata kita fokus pada layar handphone dan tubuh terus merasakan gerakan pesawat secara bersamaan maka tubuh akan merasa tidak nyaman dan kebingungan sehingga berisiko mengalami mual atau mabuk udara.

4. Minum Obat Pencegah Mabuk Perjalanan

Jika Moms dan keluarga termasuk yang rentan mengalami mabuk udara sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapat resep obat yang dapat diminum ketika ingin melakukan penerbangan dan untuk meredakan rasa mual akibat mabuk udara.

5. Coba Lakukan Akupresur

Akupresur adalah pengobatan dengan teknik pemijatan yang kerap dilakukan dengan peletakan ujung jari dan tekanan yang tepat pada titik-titik spesifik di sekujur tubuh. Akupresur bisa membantu meredakan gejala mual dan sakit leher. Lakukan pengobatan ini di area pergelangan tangan bagian dalam untuk mengatasi mual. Moms dapat menekan titik di tengah-tengah antara tendon hingga ke lengan. Pijat secara perlahan lalu tekan di titik tersebut selama 1 menit, kemudian lepaskan perlahan.