Memilih mainan untuk anak laki-laki sebenarnya gampang-gampang sulit. Kamu perlu mencari mainan yang mampu merangsang tumbuh kembangnya dengan baik tanpa harus membuat Si Anak merasa ketergantungan, seperti permainan pada gadget. Orang tua yang terlalu sibuk biasanya cenderung ingin mencari langkah cepat dengan memberikan smartphone pada anak. Meskipun yang dimainkan adalah permainan anak, paparan gadget berlebihan dapat memberikan dampak tidak baik pada anak, khususnya anak laki-laki. Anak laki-laki memiliki ekstra energi yang perlu dikeluarkan dengan beragam permainan motorik, logika, visual, serta permainan yang mengasah kreativitasnya.
 

source: https://bp-guide.id/AX3MjYBX


 

Sepeda


Jangan pernah melewatkan mainan yang satu ini untuk diberikan pada anakmu. Mulai dari usia 3 tahun hingga 10 tahun dan lebih, sepeda akan selalu memberikan banyak manfaat pada perkembangan seorang anak. Bermain sepeda tidak hanya melatih perkembangan motorik anak, tetapi juga mengasah otot, keseimbangan, serta kekuatan anak seiring dengan bertambah usianya. Selain itu, dengan bermain sepeda, anak akan terbiasa dengan aktivitas olahraga fisik yang dapat membuatnya terhindar dari obesitas.
 

source: http://www.clermonthealthdistrict.org/


 

baca juga

Bola


Selain sepeda, jangan lupa untuk mengajarkan anak laki-lakimu tentang beragam olahraga, seperti misalnya bola. Memang, tidak semua anak laki-laki menyukai bola, tetapi Moms dapat mengenalkan beragam olahraga seperti baseball, basket, atau bahkan golf. Ajak anak untuk memikirkan strategi dalam memenangkan sebuah pertandingan. Cara ini bagus sekali untuk melatih perkembangan logikanya. Selain itu, bermain di udara segar dengan paparan sinar matahari juga akan membuat anak tumbuh lebih segar dan sehat.
 

source: https://www.pinterest.com/


 

Puzzle


Untuk kegiatan dalam rumah, kamu dapat melirik puzzle sebagai alternatif mainan indoor yang bermanfaat bagi anak. Untuk awal pengenalan puzzle, ajaklah anak untuk bermain bersama. Tumbuhkan ketertarikan anak dalam menyatukan sebuah gambar dari potongan-potongan gambar yang terpisah. Permainan ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan visual anak. Anak juga dapat mengimajinasikan suatu objek saat akan menyusun puzzle.
 

source: https://www.shutterstock.com/



 

baca juga

Lego


Selain puzzle, kamu juga dapat mengenalkan mainan edukatif rumahan lain seperti Lego. Lego pada dasarnya dapat dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan. Namun, kamu dapat mencarikan Lego edisi Batman atau lalu lintas yang dekat dengan kesukaan dan minat anakmu. Dengan bermain Lego, anak akan menjadi lebih terlatih dalam berimajinasi membentuk sebuah objek. Sesekali temani anakmu bermain Lego sambil memintanya menjelaskan apa yang sedang Ia buat. Cara ini dapat melatih kemampuan verbal anak dalam menceritakan segala imajinasinya.
 

source: https://www.shutterstock.com/