Mendekati hari perkiraan lahir makin tak sabar ya untuk bertemu si kecil. Moms mulai menghitung hari menuju hari kelahiran. Menyiapkan keperluan si kecil saat lahir nanti, makin getol berolahraga untuk mempersiapkan fisik dan sebagainya. Nyatanya tak hanya Anda lho yang melakukan persiapan, si kecil di dalam perut juga demikian. Pada trimester ketiga perkembangannya makin matang dan kemampuannya terus bertambah, guna mempersiapkan diri untuk hari kelahiran serta dapat beradaptasi mudah saat di luar rahim nanti. Berikut kemampuan janin Anda di trimester tiga yang bikin moms takjub:

Mampu Membuka Matanya

Pada minggu ke 28 atau 26 minggu ke atas kemampuan si kecil di dalam perut makin bertambah. Salah satunya adalah ia telah mampu membuka matanya dan berkedip. Kemampuan ini bisa moms buktikan dengan memberi cahaya terang pada perut moms saat di kegelapan. Gerakan tubuhnya yang sangat terasa saat disinari cahaya menandakan dia dapat melihat cahaya, karena matanya yang telah terbuka. Bulu matanya pun telah tumbuh.Tak heran saat lahir bayi telah memiliki bulu mata lentik moms. Pada minggu ini bayi telah memiliki panjang kurang lebih10 inci atau 25,4cm. Sedangkan beratnya telah mencapai 1000 gram.

Mampu Membuka Matanya
baca juga

Makan dan Pipis

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga si kecil mulai mampu merasakan makanan yang moms makan. Dia merasakan dari cairan ketuban moms. Anda bisa mulai bertanya saat makan es krim apakah dia menyukainya. Biasanya dia merespon melalui tendangan khasnya. Dia pun biasanya menyukai makanan yang telah menjadi makanan favorit moms.

Tak heran ada beberapa makanan yang moms tak suka tapi saat hamil moms menjadi sangat menyukainya.  Bisa jadi itu makana favorit si kecil moms. Satu hal lagi yang luar biasa. Janin telah belajar buang air kecil di trimester ini. Dia mulai menelan air ketuban lalu membuangnya melalui buang air kecil di rahim.

Makan dan Pipis

Latihan Bernafas

Tinggal di rahim bayi Anda mendapatkan seluruh oksigen dari tali pusar dan plasenta. Untuk persiapannya bernafas sat lahir nanti dia telah praktik saat di dalam kandungan. Sistem sarafnya telah membuatnya mampu bernafas secara berirama. Ini penting dipersiapkan karena saat lahir sirkulasi udara si kecil berubah secara dramatis. Nafas pertama di dunia menjadi momen yang menakjubkan saat lahir nanti. Pada tahap ini si kecil juga telah mampu mengontrol suhu tubuhnya. Luar biasa ya moms.

Latihan Bernafas
baca juga

Indra Pendengaranya Tambah Tajam

Indra pendengarannya memang telah berfungsi saat kehamilan berusia 18 bulan, akan tetapi memasuki trimester ketiga kemampuan tersebut semakin tajam. Tak hanya mendengar tapi merespon atas suara yang dia dengar. Bahkan ada penelitian menunjukkan saat ibu bernyanyi dan mengatakan "la" si bayi dalam kandungan ikut bernyanyi dengan membuka dan menutup mulutnya. Jadi jangan ragu untuk mengajaknya berbicara, membacakan buku cerita dan bernyanyi.

Indra Pendengaranya Tambah Tajam

Rambutnya Tumbuh

Tak hanya bulu mata yang mulai ada dimatanya moms. Rambutnya juga sudah mulai tumbuh di kepalanya. Jadi jangan heran moms saat lahir nanti si kecil telah berambut tebal. Pertumbuhan ini juga dibarengi dengan pertumbuhan bulu di tubuhnya. Ini terjadi ketika usia kehamilan menginjak minggu ke 30 tepatnya sebelum si kecil memiliki kemampuan melihat cahaya. Secara bersamaan mengalami pembentukkan sel darah merah yang terbentuk secara khusus di sumsum tulang belakang.

Rambutnya Tumbuh

Kulitnya Berubah Warna

Pada trimester ketiga bisaanya moms sudah mulai rutin mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi bayi dalam kandungan baik-baik saja.  Saat memasuki usia 30 minggu, pemeriksaan pun jadi lebih intens. Meski kadang seminggu sekali diperiksa namun berat badannya selalu bertambah. Biasanya per minggu bertambah 200-250 gram moms.

Tubuhnya yang semakin gemuk dibarengi dengan kulitnya mulai berubah warna menjadi merah muda. Selain berat badannya yang bertambah kukunya juga mulai tumbuh moms. Ini bisa Anda lihat saat lahir nanti si kecil telah berkuku panjang di semua jari-jarinya. Baik tangan maupun kaki.

Kulitnya Berubah Warna