1. Basashi

1. Basashi
source: https://atlasobscura.com/

Dilansir dari FoodDetik, Jepang memang terkenal dengan wagyu alias daging sapi berkualitas, tapi ada jenis daging lain yang dikonsumsi di negara ini. Yap, daging kuda atau biasa disebut dengan Basashi. Cara menyantapnya persis seperti Sashimi, yaitu daging kuda yang diiris tipis-tipis san langsung disantap dalam kondisi mentah.

Basashi merupakan sajian khas dari Prefektur Kumamoto. Olahan daging kuda ini bisa ditemui di beberapa restoran sushi di seluruh Jepang. Untuk memakan basashi, daging dibubuhi kecap asin dan bawang putih. Tapi jika Moms nggak suka makan makanan mentah, bisa juga diolah menjadi hot pot atau dipadukan bersama natto.

2. Sashimi ayam

2. Sashimi ayam

Masih dari kategori daging, ada ayam mentah yang juga dikonsumsi orang Jepang. Mereka menyajikannya sebagai sashimi. Hal ini menjadi kontroversi sebab konsumsi daging ayam mentah di berbagai negara tidak dianjurkan karena membahayakan kesehatan.

Tapi, bukan orang Jepang namanya jika nggak punya ide cemerlang. Untuk mencegah kontaminasi salmonella, mereka hanya memakai daging dada ayam bagian dalam. Ayam juga diambil dari peternakan berskala kecil untuk memastikan ayam dipelihara dengan baik. Moms berani mencobanya?

baca juga

3. Nuru Nuru Shirako

3. Nuru Nuru Shirako

Terlihat nggak ada yang aneh ya, Moms? Sekilas tampilan Nuru Nuru Shirako seperti sup biasa, namun bahan utamanya adalah kantung sperma ikan! Kantung sperma ikan ini dicampur bersama cumi yang sudah dicincang dan dimasak bersama.

Tampilan kantung sperma mirip otak atau usus sapi. Warnanya putih dengan tekstur creamy dan lembut. Katanya nih Moms, saat dimakan, nuru nuru shirako akan meleleh di mulut dan creamy banget. Nggak sembarangan kantung sperma ikan lho, para restoran Jepang hanya menggunakan ikan cod dan ikan anglerfish aja, Moms.

4. Nankotsu

4. Nankotsu

Mungkin sebagian dari Moms ada yang menyukai tulang rawan ayam. Biasanya restoran tidak memisahkan antara tulang rawan ayam dengan dagingnya kan? Tapi berbeda dengan Jepang. Di negara ini, ada camilan unik yang terdiri dari tulang rawan ayam. Makanan ini dipanggang seperti sate dan dibumbui kecap saat menyantapnya.

baca juga

5. Inago no Tsukudani

5. Inago no Tsukudani

Inago no Tsukudani adalah makanan tradisional Jepang yang menggunakan belalang menjadi bahan utamanya. Serangga ini direbus dalam campuran kecap asin dan gula. Kata "inago" sendiri berarti belalang. Sebenarnya di Indonesia sendiri juga banyak yang mengonsumsi belalang, tapi bukan direbut ya Moms, biasanya orang Indonesia memakan belalang goreng. Moms sudah pernah mencicipinya?

Sementara "tsukudani" merujuk pada proses pemasakan belalang memakai bahan-bahan di atas. Biasanya inago no tsukudani mudah ditemui di wilayah pedalaman dan pegunungan Jepang. Misalnya saja di Nagano dan Fukushima.

Bahkan inago no tsukudani disebut-sebut sebagai suplemen nutrisi lho Moms. Memakan serangga ini diyakini membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Nah, itulah lima makanan unik dari Jepang yang masih terbilang aneh untuk orang Indonesia, setelah mengetahuinya, apakah Moms tertarik mencicipinya?