Perkembangan anak yang kidal pada sudah terjadi dan bisa terlihat sejak dalam kandungan. Kecenderungan menggunakan tangan kiri sudah bisa dilihat dengan USG, misalnya saat sedang mengemit jempol. Penyebab anak kidal yaitu karena adanya faktor genetik dan faktor lingkungan selama hamil.

Selain Faktor Genetik, Ini Tanda dan Cara Menghadapi Anak Kidal
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQLbMdOBt1No-0tL4YoF7NnxvDQAvrsimnrmWODdYSNWnha8e-W

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan anak cenderung dengan tangan kirinya atau kidal:

baca juga

Lebih Sering Menggunakan Tangan Kiri Saat Beraktivitas

Hal ini biasanya bisa terlihat saat si kecil berusia 2-3 tahun. Si kecil akan lebih memilih menggunakan tangan kirinya untuk melakukan sesuatu, misalnya memegang mainan atau alat tulis. Namun biasanya, kebiasaan menggunakan tangan kiri belum dapat terlihat saat si kecil masih dibawah usia dua tahun karena mereka cenderung masih sering menggunakan kedua tangannya.

Selain Faktor Genetik, Ini Tanda dan Cara Menghadapi Anak Kidal
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRkQlToP8N7t4DoSZ8eqL9kBt3ZHUSfF0MVAHnE3ocni4XirUjT

Telinga Sebelah Kiri Lebih Peka

Selain tangan, bagian tubuh lainnya yang juga dapat menggambarkan anak kidal atau tidak yaitu telinga. Moms bisa mencoba memanggil atau memperdengrkan musik dari kedua telinganya. Biasanya, anak yang kidal akan lebih merespon dengan telinga sebelah kiri. Begitu juga bagian tubuh lainnya seperti kaki. Kaki kiri akan lebih aktif bergerak, contohnya saat sedang menendang bola.

Selain Faktor Genetik, Ini Tanda dan Cara Menghadapi Anak Kidal
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRG2fiJ5H4jg9VajbZswAtcvSZXLaXgiKU4c_qcmK_Hj7fL0OQY
baca juga

Jika Moms sudah melihat tanda-tanda tersebut dari si kecil, Moms tidak perlu khawatir. Cukup beri pengertian dan dukungan terhadap apa yang sedang dijalaninya. Moms tidak perlu memaksakan kehendak bahwa melakukan sesuatu harus dengan tangan kanan, karena hal tersebut dapat membuat anak stres dan tidak percara diri.

Namun, dalam hal bersosial dan kesopanan, Moms bisa mengajarkan si kecil secara perlahan menggunakan tangan kanan, misalnya untuk makan dan berjabat tangan dengan orang lain, karena beberapa aktivitas ini memang harus menggunakan tangan kanan. Dibutuhkan kesabaran dalam mengajarkan si kecil beraktivitas menggunakan tangan kanan.

Selain Faktor Genetik, Ini Tanda dan Cara Menghadapi Anak Kidal
source: http://images.summitmedia-digital.com/smartpar/images/2019/05/23/left-handed.jpg

Demikian beberapa tanda anak kidal. Semoga bermanfaat Moms!