Sebuah video viral yang berhasil menggerkan warganet itu diunggah oleh akun Facebook Luchyna Make Up. Video tersebut berisi tentang masjid yang berdiri megah di tengah hutan Desa Bontoloe, Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Video ini ramai jadi perbincangan netizen. Tercatat video siaran langsung ini sudah dibagikan ulang lebih dari 20 ribu kali. Bagaimana tidak, masjid tersebut terlihat begitu megah bak sebuah istana padahal lokasinya tersembunyi. Perjalanan menuju ke masjid itupun terbliang cukup sulit.
Bukan Mistis, Ini Fakta Di Balik Viralnya Masjid Megah Di Tengah Hutan

Sejak unggahan video itu viral, masjid itu pun langsung ramai dikunjungi oleh orang-orang yang penasaran ingin melihat langsung kemegahan masjid tersebut.

Menurut akun instagram @makassar_iinfo, masjid ini dibangun oleh seorang juragan kopi. Masyarakat sekitar biasa menyapanya dengan Puang. Awalnya masjid ini dibangun untuk tempat ibadah para pekerja di kebun kopi dan masyarakat Langkoa. Itulah mengapa pemukiman terdekat dari Masjid ini sekitar 1 kilometer. Akan tetapi, pemukiman yang berjarak 1 kilometer dari Masjid itu bukanlah pemukiman warga, akan tetapi rumah yang dibangun oleh Puang untuk para pekerja di kebun kopi miliknya.

Bukan Mistis, Ini Fakta Di Balik Viralnya Masjid Megah Di Tengah Hutan

Masjid ini mulai dibangun secara bertahap sekitar delapan tahun lalu. Arsitektur Masjid yang belum diberi nama oleh pemiliknya ini tak kalah modern dari Masjid-Masjid di kota madya. Dilengkapi sembilan kubah. Tiga berukuran besar sementara enam lainnya menjulang tinggi tapi berukuran kecil.

baca juga

Namun sayangnya, anggapan negatif pun mulai bermunculan setelah video masjid di tengah hutan ini viral. Ada yang mengatakan bahwa masjid ini merupakan tempat beribadah islam radikal karena itu tempatnya tersembunyi.

Anggapan tersebut ditampik oleh anak Puang. Seperti unggahan instagram @makassar_iinfo, anak dari Puang mengaku bahwa masjid ini berada di kaki Gunung Lompobattang yang dikenal warga sebagai tempat keramat. Bahkan dulunya lokasi itu terdapat batu besar yang menjadi lokasi untuk melakukan ritual pemujaan. Namun, Puang, memilih untuk menghancurkan batu yang dikeramatkan tersebut untuk pondasi masjid.

Bukan Mistis, Ini Fakta Di Balik Viralnya Masjid Megah Di Tengah Hutan
source: https://www.instagram.com/makassar_iinfo/

Menurut penuturan anak Puang, di tempat ini sebelumnya sering ditemukan semacam persembahan atau 'sesajen' di sebuah batu besar. Karena itu Puang, mencari orang untuk menghancurkan batu tersebut. Awalnya penduduk sekitar tidak menyetujui hal tersebut karena batu besar itu dianggap keramat.

Namun, Puang membawa seorang pekerja dari Papua untuk menghancurkan batu tersebut dan menggunakannya sebagai pondasi masjid.

"Miris saya membaca komen2 miring seakan2 masjid ini tersembunyi karena dipakai oleh islam radikal atau niat tidak baik. Percaya lah, masjid itu berdiri atas niat yang sangat baik."