Karbohidrat kompleks

Selama dalam masa menyusui, Moms perlu mengonsumsi karbohidrat komplek untuk mendukung kecerdasan si kecil. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, sereal sayur, dan buah segar merupakan pilihan terbaik.

Karbohidrat kompleks

Energi yang dihasilkan oleh nutrisi ini akan bertahan lebih lama dibandingkan karbohidrat lain. Dilansir dari Fox News, karbohidrat kompleks juga dapat membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah mama saat menyusui.

Protein

Makanan kedua yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar anak cerdas adalah makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Bagi ibu menyusui, penting untuk memenuhi kebutuhan protein yang bisa diperoleh dari telur, produk olahan susu, kacang-kacangan ataupun biji-bijian, serta gandum utuh.

Protein

Selain itu, ikan juga banyak disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung protein tinggi dan juga jenis lemak DHA, EPA dan omega 3 yang penting untuk perkembangan mata dan otak bayi. Beberapa jenis ikan yang disarankan antara lain salmon, tuna, udang, dan kerang.

baca juga

Lemak Sehat

Saat menyusui, penting untuk Mommies mengonsumsi lemak sehat, dan sebaiknya menghindari lemak tidak sehat seperti lemak jenuh atau lemak trans yang terdapat pada sebagian besar mentega, minyak kelapa sawit, krim, daging mengandung lemak, dan susu berlemak (whole milk).

Lemak Sehat

Tidak hanya kurang baik untuk bayi menyusui, kandungan lemak jenuh juga buruk untuk diet setelah melahirkan. Moms dianjurkan untuk memilih makanan dengan lemak sehat seperti alpukat, zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak kanola.

Zat Besi

Makana yang mengandung zat besi juga tidak boleh dilupakan ya, Moms. Wajib nih dikonsumsi ibu menyusui jika ingin anak cerdas. Konsumsilah makanan yang kaya kandungan zat besi, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan produk gandum utuh. Untuk membantu penyerapannya, lengkapi dengan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk.

Zat Besi
baca juga

Kalsium

Terakhir, makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui adalah makanan yang mengandung kalsium. Makanan yang bisa Moms konmsumsi sebagai sumber kalsium lain, diantaranya adalah tahu, susu kedelai, jus, dan sereal dengan tambahan kalsium.

Kalsium
source: https://www.tokopedia.com/

Nah Moms, itu tadi 5 makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui jika ingin anak Moms cerdas. Mudah didapat dan rasanya enak pastinya, Moms. Happy Breastfeeding, Mommies!