Selain olahraga untuk mengecilkan perut, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh berperan penting untuk menjaga berat badan. Dengan diet yang tepat, berat badan bisa mencapai ideal. Bagi sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan atau mengecilkan perut yang buncit, bisa memasukkan air tajin ke dalam menu sehari-hari.

Dilansir dari DetikHealth, air tajin punya manfaat kesehatan karena bergizi dan dikenal sebagai tonik yang bisa memberikan energi pada tubuh. Selain itu, air tajin dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air tajin dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan air tajin juga memperlancar pencernaan. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, air tajin dipercaya dapat memelihara kesehatan pencernaan.

Minum air tajin sebelum makan dapat membuat rasa kenyang dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan lain. Sebagai contoh, air rebusan beras punya kalori sekitar 150, sedangkan porsi makan siang berkisar 650-1000 kalori. Dengan minum air tajin, perut akan terasa lebih kenyang dan mengurangi porsi makan biasanya.

Tak Hanya Olahraga, Air Tajin Juga Bisa Lenyapkan Perut Buncit Lho!
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

Cara membuat air tajin

Cara membuat air tajin ini cukup gampang, namun harus dilakukan dengan tepat. Simak cara membuat air tajin di bawah ini:
  1. Pertama, ambil 2-3 sendok makan beras (bisa berupa beras putih atau merah atau organik)
  2. Cuci beras tersebut dengan air bersih
  3. Didihkan beras dengan 3-4 gelas air matang di dalam panci
  4. Setelah mendidih, kecilkan api. Jangan biarkan semua air meresap pada beras
  5. Didihkan kembali sekitar 10-15 menit
  6. Setelah mendidih atau nasi hampir matang, tiriskan dan ambil air rebusan beras di dalam panci
  7. Bila dirasa hambar, bisa tambahkan gula atau garam sesuai selera
  8. Minumlah selagi hangat atau satu jam sebelum atau sesudah makan siang
Cara membuat air tajin
source: http://id.wikipedia.org

Manfaat air tajin

Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, air tajin juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain:
  • mencegah sembelit, nutrisi dan vitamin di air tajin dipercaya dapat memelihara kesehatan pencernaan.
  • mengatasi diare, air tajin mengandung glukosa polimer yang mudah diserap, di mana kandungan ini dapat membuat tekstur feses lebih padat dan mengobati diare.
  • menambah asupan gizi, air tajin banyak diberikan pada anak-anak, karena air tajin mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, dan mineral lainnya yang bagus untuk tumbuh kembang anak
  • meningkatkan kekebalan tubuh anak, kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anak akan terhindar dari bakteri dan virus sumber penyakit
  • menjaga kesehatan organ dan tubuh, karena kandungan vitamin dan mineral yang baik pada air tajin dapat bermanfat untuk memelihara kesehatan organ dan tubuh.
Manfaat air tajin
source: http://www.thinkstockphotos.com
Ternyata air tajin bisa menurunkan berat badan juga mengecilkan perut buncit ya, Moms. Tidak hanya itu, air tajin juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Tertarik mencoba air tajin, Moms?