Dilansir dari Haibunda, kebiasaan mencium bibir bayi yang belum tumbuh gigi dapat berisiko tinggi menyebarkan infeksi bakteri. Pasalnya, gusi dan gigi bayi yang baru tumbuh sangat rentan terhadap infeksi. Seorang dokter gigi di Wimpole Street Dental di London, dr. Richard Marques, mengatakan bahwa gigi bayi memiliki jenis enamel dan dentin gigi yang berbeda dengan orang dewasa. Enamel gigi pada bayi jauh lebih tipis dan tidak sekuat enamel dewasa.

Hindari Kebiasaan Mencium Bayi, Bisa Sebabkan Infeksi Hingga Penularan Virus Herpes
source: https://www.orissapost.com/

Kebiasaan mencium bibir bayi yang menyebabkan perpindahan air liur antar orang dewasa dan bayi dapat menyebabkan peningkatan risiko infeksi pada bayi. Tentu ini sangat berisiko mengingat anak-anak masih belum memiliki ketahanan tubuh yang baik. Marques juga menambahkan bahwa transfer air liur dari orang tua ke bayi juga berisiko meningkatkan infeksi dari bakteri, seperti streptococcus mutans, yaitu bakter yang biasa ditularkan dari orang dewasa ke anak-anak. 

Hindari Kebiasaan Mencium Bayi, Bisa Sebabkan Infeksi Hingga Penularan Virus Herpes
source: https://www.thatsbetsyv.com/

Bakteri-bakteri yang ditularkan orang dewasa pada anak-anak berisiko menyebabkan kerusakan pada gigi si kecil. Tidak hanya itu, infeksi seperti ini juga dapat mempengaruhi kondisi jaringan lunak dan gusi sebelum gigi bayi tumbuh dan berkembang pada bayi-bayi yang belum memiliki gigi.

baca juga

Selain infeksi bakteri, beberapa penyakit juga bisa ditularkan melalui ciuman bibir antara orang dewasa dan bayi. Beberapa diantaranya adalah virus demam, flu, serta beragam penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex-1 (HSV-1). Mengingat risiko ini, Marques juga menyarankan agar para orangtua tidak berbagi alat makan dengan bayi-bayi mereka. Kebiasaan untuk meniup makanan anak yang panas juga sebaiknya dihindari.

Hindari Kebiasaan Mencium Bayi, Bisa Sebabkan Infeksi Hingga Penularan Virus Herpes
source: https://www.thehealthsite.com/

Kalau pun Mommy tidak memiliki penyakit atau virus tertentu, waspadai juga kondisi mulut yang tidak sehat. Pasalnya, oangtua dengan masalah kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, dan lain sebagainya sebaiknya kurangi intensitas mencium anak. Kondisi-kondisi ini berisiko tinggi meningkatkan infeksi bakteri.

Menghindari penularan virus dan bakteri dari orangtua ke anak tidak hanya dilakukan dengan mengurangi kebiasaan mencium bibir dan berbagi alat makan. Mommy juga tidak boleh meniup makanan bayi yang panas apalagi mengunyahkan makanan untuk si kecil. Kebiasaan-kebiasaan ini sangat berisiko untuk kesehatan bayi.

Hindari Kebiasaan Mencium Bayi, Bisa Sebabkan Infeksi Hingga Penularan Virus Herpes
source: https://www.africaparent.com/

Peringatan ini tidak disampaikan tanpa ada kasus sebelumnya. Diketahui sebelumnya bahwa pernah ada sebuah kasus seorang bayi yang masih berusia 1,5 tahun asal Iowa yang meninggal karena terkena virus herpes akibat tertular melalui ciuman bibir.