Dilansir dari Haibunda, ada beberapa tips yang bisa Mommy lakukan untuk menggoreng ikan dengan mudah dan tidak membuatnya hancur.

1. Pilih Wajan yang Tepat

Saat akan menggoreng ikan filet, misalnya ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan salmon, Mommy sebaiknya memilih wajan yang lebih berat. Wajan yang dimaksud adalah wajan dengan bahan besi atau baja karbon. Kemudian, panaskan wajan di atas api sedang tuang 1-2 sendok minyak zaitun. Setelah itu, masukkan minyak makan untuk menggoreng secukupnya.

Agar Tidak Mudah Hancur, Intip 5 Langkah Tepat Menggoreng Ikan Berikut Ini
source: https://www.eatwell.co.nz/


2. Sesuaikan Ketebalan Ikan

Untuk menggoreng ikan fillet, pastikan untuk menyesuaikan ukuran ikan dengan ketebalan yang sedang. Dengan begitu, bagian dalam daging akan menjadi cepat matang. Mommy hanya tinggal menunggu sekitar 4-5 menit per sisi. Jangan lupa pula untuk menggoyangkan wajan sesekali saat menggoreng agar daging ikan tidak menempel pada wajan. 

Agar Tidak Mudah Hancur, Intip 5 Langkah Tepat Menggoreng Ikan Berikut Ini
source: https://www.foodiecrush.com/
baca juga


3. Pastikan Wajan Benar-Benar Panas

Selain itu, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah masukkan ikan saat wajan dan minyak benar-benar panas. Ini penting untuk mencegah daging ikan yang hancur saat dibalik. Pasalnya, saat ikan yang dingin terkena dengan wajan yang belum panas, keduanya akan membentuk sebuah ikatan kimia yang membuatnya susah untuk dipisahkan. Itu sebabnya ikan menjadi lengket dan hancur saat dibalik.

Agar Tidak Mudah Hancur, Intip 5 Langkah Tepat Menggoreng Ikan Berikut Ini
source: https://www.northernontario.travel/


4. Jangan Terlalu Sering Membalik Ikan

Saat menggoreng ikan, pastikan untuk memastikan satu sisi yang tergoreng sudah garing dan cukup kuat sebelum akhirnya dibalik. Pasalnya, terlalu sering membalik ikan dapat menyebabkan lapisan luar kulit yang belum kering terlepas atau robek sehingga membuat daging ikan di dalamnya menjadi hancur. Mommy juga dapat menggunakan penjepit untuk menggoreng ikan agar menjaga kedua sisi tidak mudah hancur.

Agar Tidak Mudah Hancur, Intip 5 Langkah Tepat Menggoreng Ikan Berikut Ini
source: https://souperdiaries.com/
baca juga


5. Membalur Ikan dengan Tepung

Terakhir, Mommy juga bisa mengakalinya dengan membalur ikan dengan menggunakan tepung basah. Cara ini dapat membantu kulit ikan tetap kuat sehingga tidak mudah robek dan hancur saat di goreng. Selain itu, tepung ini juga dapat mengurangi letupan-letupan minyak saat menggoreng ikan. Bahkan, tepung yang ditambahkan bumbu juga akan menambah rasa ikan menjadi lebih enak. Jadi, jangan lupa dicoba, ya!