Melansir dari Haibunda, kasus bunuh diri ternyata cenderung lebih berisiko terjadi pada kaum laki-laki. Hal ini didukung dengan data yang mengungkap bahwa kasus bunuh diri pada pria lebih banyak tiga kali lipat dari bunuh diri pada wanita. Tentu ini harus diantisipasi dengan menganalisis apa sebenarnya yang menjadi pemicu para pria untuk mengakhiri hidupnya.

Lebih Rawan Depresi, Tingkat Bunuh Diri Pria Ternyata Tiga Kali Lipat dari Wanita!
source: https://www.menshealth.com/

Sebagai contoh, di Kanada, kasus bunuh diri pria asli Kanada dengan rentang usia 15 hingga 24 adalah 126 : 100.000. Angka tentu sangat tinggi apabila dibandingkan dengan kasus bunuh diri pada pria imigran, yaitu 24 : 100.000.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa para pria berisiko lebih tinggi untuk melakukan bunuh diri. Fardous Hosseiny, kepala eksekutif nasional sementara dari Canadian Mental Health Association (CMHA), juga mengatakan bahwa fakta ini harus segera ditindaklajuti agar masalah ini dapat segera teratasi.

Lebih Rawan Depresi, Tingkat Bunuh Diri Pria Ternyata Tiga Kali Lipat dari Wanita!
source: https://www.whatisepigenetics.com/

Siapa sangka, ini ternyata terjadi akibat sifat pria yang cenderung tertutup pada masalah emosinya. Dibandingkan untuk mengungkapkan perasaan dan tekanan yang sedang dirasakannya, ia cendeurng lebih tertutup. Mereka pun cenderung untuk menghindari bantuan apalagi melakukan konsultasi pada ahlinya. Bahkan, tidak jarang pula mereka malah melarikan diri pada hal-hal yang negatif seperti rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

baca juga

Tentu ini sangat berbeda dengan wanita yang lebih mudah mencurahkan perasaan dan emosinya sehingga tekanan dalam dirinya pun dapat teratasi dengan baik. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh kecenderungan masyarakat untuk mendorong laki-laki agar bisa kuat dan tidak mudah terbawa emosi. Padahal, hal tersebut ternyata malah membawa laki-laki pada kehidupan yang tidak normal dengan emosi dan perasaan yang tertahan. Selain itu, cara orangtua dalam mendidik anak laki-laki juga cenderung tidak sama, khususnya saat berhubungan dengan respon perasaan seperti stres, kecemasan, dan kesedihan.

Lebih Rawan Depresi, Tingkat Bunuh Diri Pria Ternyata Tiga Kali Lipat dari Wanita!
source: https://www.chrismackey.com.au/

Sebagai usaha untuk mengatasi tingginya angka bunuh diri pada pria, dibutuhkan adanya perubahan dalam paradigma budaya mengenai masalah maskulinitas. Dengan begitu, para pria juga memiliki ruang yang sama untuk mengekspresikan perasaan mereka. Kesadaran mengenai pentingnya memerhatikan kesehatan mental juga harus ditingkatkan.

Saat ini Kementerian Kesehatan juga mendukung peningkatan kesadaran kesehatan mental dengan menyediakan nomor darurat 119 untuk pencegahan aksi bunuh diri. Selain itu, ada pula layakan hotline Halo Kemkes di 1500-567 untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan yang memberikan pelayanan penuh 24 jam.

Lebih Rawan Depresi, Tingkat Bunuh Diri Pria Ternyata Tiga Kali Lipat dari Wanita!
source: https://turntable.kagiso.io/