Mainan Aman Untuk Bayi


Memilih mainan bayi pada dasarnya tidak boleh sembarangan. Semua mainan yang kamu berikan untuk bayimu harus memenuhi standar keamanan. Nah, berikut ini adalah hal-hal penting yang harus kamu perhatikan saat memiliki mainan untuk bayi :

  • Pastikan kamu selalu memerhatikan dan mengikuti rekomendasi usia yang dianjurkan untuk sebuah mainan. Perhatikan juga bagian-bagian kecil dalam sebuah mainan yang memungkinkan membuat bayi tersedak. 
  • Mainan harus cukup besar agar tidak tertelan. Paling tidak ukuran diameternya adalah 3 cm dan panjangnya adalah 6 cm. 
  • Hindari mainan dengan kelereng, koin, ataupun bola dengan ukuran 3 cm atau bahkan lebih kecil. Mainan seperti ini jika tertelan dapat menghambat pernafasan bayi.
  • Jika mainan memiliki baterai, pastikan bagian baterai ditutup dengan menggunakan sekrup sehingga bayi tidak bisa membukanya. 
  • Hindari mainan dengan bagian tajam atau berbahan material besi dan logam. Mainan seperti ini dapat melukai bayi.
source: http://www.parents.com/baby/safety/toy/baby-toys/



 

Mainan Aman Untuk Toddlers


Nah, khusus untuk anak usia 1-3 tahun, atau yang biasa di kategorikan sebagai toddlers, mainan yang digunakan sebenarnya hampir serupa dengan bayi. Meskipun begitu, biasanya akan ada petunjuk rekomendasi mainan untuk toddlers. Namun, ada beberapa mainan yang perlu kamu ketahui detail karakteritiknya seperti berikut ini :

  • Pastikan mainan yang terbuat dari kain memiliki label tahan api.
  • Mainan seperti boneka harus bisa dicuci.
  • Mainan perlengkapan lukis harus dapat ditutup dengan cat bebas kandungan timbal.
source: http://imgtoys.com/toddler-toys/



 

baca juga

Tips Membeli Mainan Yang Aman Untuk Anak


Nah, setelah mengetahui karakteristik mainan anak, kamu dapat mengikuti beberapa tips membeli mainan yang aman berikut ini :

  1. Belilah mainan di authorized toys store. Toko mainan yang sudah memiliki izin yang jelas dan legal tentu akan menaati semua standar penjualan produk mainan untuk anak sesuai dengan yang diatur oleh pemerintah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli mainan dengan kandungan material berbahaya. 
  2. Hindari mainan tanpa kotak. Biasanya pada kotak mainan akan tercantum detail bahan material yang terkandung. Jika tanpa kotak, kamu tidak dapat memastikan secara pasti kandungan apa saja yang terdapat pada mainan yang akan kamu beli. Hal ini sebenarnya dapat diatasi jika kamu berbelanja di toko resmi, sehingga dapat menanyakan langsung kepada penjaga toko mengenai keamanan dari mainan tersebut.
  3. Selalu memeriksa kondisi mainan anak. Saat kamu membelikan anakmu mainan, kenali bentuk dan kondisinya. Lakukan pengecekan setiap kali kamu dan anakmu membereskan mainan yang sudah selesai dimainkan. Langkah ini sangat penting untuk memastikan tidak ada bagian mainan yang rusak atau hilang dan memicu mainan yang berisiko melukai anak.
source: http://www.nydailynews.com/