Batuk kering dapat disebabkan oleh beragam faktor mulai dari alergi hingga penyakit asam lambung. Namun, batuk kering juga bisa menyerang seseorang tanpa ada alasan yang jelas. Berikut beberapa penyakit yang dapat disertai dengan batuk kering bahkan dapat memperparah kondisi dari batuk kering itu sendiri:

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh? Coba Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini, Moms
  1. Asma
  2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
  3. Postnasal Drip
  4. Radang Tenggorokan
  5. Infeksi Saluran Pernafasan akibat virus

Batuk kering dapat menggangu aktivitas harian seseorang, dan kondisinya akan semakin buruk pada malam hari terutama jika berada pada suhu yang cukup dingin. Seringkali, batuk kering dianggap sebagai penyakit yang remeh dan dibiarkan sembuh dengan sendirinya. Padahal, jika tidak dilakukan penanganan secara dini, batuk kering dapat melukai tenggorokan dan dapat menjadikannya lebih parah. Selain konsultasi dengan dokter, batuk kering juga bisa diatasi dengan ragam bahan alami seperti di bawah ini, Moms.

1. Madu

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh? Coba Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini, Moms

Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melumasi tenggorokan yang kering sehingga dapat meredakan rasa gatal ditenggorokan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa madu lebih efektif dibandingkan dextromethorphan (salah satu bahan dalam pembuatan obat batuk) untuk mengatasi batuk kering pada anak-anak. Caranya mudah, cukup konsumsi 1 sendok teh madu secara langsung minimal 3 kali sehari atau bisa juga diseduh pada teh maupun air hangat sebelum di minum.

baca juga

2. Kunyit

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh? Coba Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini, Moms

Kunyit mengandung zat aktif yang bernama curcumin. Zat aktif ini berperan sebagai anti inflamasi, antibakteri dan antivirus secara alami. Pada beberapa kasus, kunyit sering diberikan pada penderita penyakit pernafasan seperti bronkitis dan asma. Caranya, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1/8 sendok teh lada hitam. Tambahkan pada beragam minuman mulai dari jus, teh panas atau diseduh dengan air putih hangat. Konsumsilah secara rutin hingga kondisi batu kering membaik.

3. Jahe

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh? Coba Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini, Moms

Jahe dikenal sebagai salah satu rempah untuk melegakan tenggorokan juga menghangatkan tubuh dari dalam. Tak hanya itu, jahe juga memiliki peran sebagai antibakteri dan inflamasi. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pasca berolahraga. Caranya, bakar jahe terlebih dahulu kemudian campurkan dengan air hangat. Agar lebih nikmat, Moms bisa mencampurkan gula merah maupun susu.

baca juga

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi batuk kering. Keuntungan menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat adalah Moms tidak perlu khawatir akan efek sampingnya. Selain dikonsumsi selama pengobatan, Moms juga bisa mengkonsumsi ketiga bahan di atas secara rutin sebagai pencegahan penyakit lain. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh, Moms.