Tips agar roti tawar lebih awet dan tahan lama

1. Pilihlah roti tawar dengan masa kadaluarsa yang masih lama

Jika Moms mebeli roti tawar, pastikan melihat kapan expired date (masa kadaluarsa) dari roti tawar tersebut. Dan Moms bisa memilih roti tawar dengan masa kadaluarsa paling lama.

Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Cepat Keras dan Kering

Hal ini tentu saja dapat mencegah roti tawar cepat berjamur dan berubah tekstur. 

2. Jangan buru-buru di buka 

Jika Moms membeli roti yang dibungkus dalam kemasan, jangan segera dibuka jika memang belum mau dikonsumsi. Kemasan yang membungkus roti ini justru berfungsi untuk membuat roti tetap lembut dan tahan lama. 

Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Cepat Keras dan Kering

Dengan bungkusan ini, roti akan terjaga kelembapan dan kesegarannya. Tapi, jika roti sudah dimakan dan masih sisa, Moms bisa membungkus roti tersebut dalam kemasannya lagi dan diikat. Pastikan jangan ada udara yang masuk ke dalam bungkus tersebut karena dengan adanya udara, roti akan jadi cepat keras.

baca juga

3. Simpan dalam wadah tertutup 

Tahap berikutnya adalah tahapan penting yang kadang sering diabaikan sehingga menyebabkan roti tawar jadi keras dan tidak lagi lezat untuk disantap. Jika Moms mau roti tawar lebih tahan lama, caranya bukan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dibiarkan begitu saja. 

Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Cepat Keras dan Kering

Namun Moms bisa ambil roti dari kemasan plastik atau kertasnya, lalu simpan di wadah tertutup dan rapat. Dengan begitu, roti akan tetap lembut karena tidak ada udara yang memengaruhi roti tersebut saat disimpan dalam wadah yang rapat.

4. Simpan dalam kulkas

Selanjutnya Moms bisa menyimpan roti dalam kulkas jika ingin roti lebih tahan lebih lama dan tetap empuk. Kalau mau dimakan 4-7 hari ke depan, roti bisa dibungkus dengan plastik kedap udara, alumunium foil, atau dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Lalu simpan di kulkas bagian bawah. 

Nah, kalau mau roti bertahan sampai satu bulan, Moms bisa menyimpan rotinya di kulkas bagian atas atau freezer. Sebelum disimpan di freezer pastikan roti sudah disimpan dalam wadah tertutup ya. Saat mau mengonsumsinya, roti bisa dikeluarkan dalam suhu ruang dan didiamkan selama satu jam. 

Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Cepat Keras dan Kering

Kalau mau cepat, roti bisa langsung dipanaskan dalam microwave atau toaster untuk mengembalikan kerenyahannya. Tapi jangan lebih dari 5 menit ya karena nanti roti malah akan rusak.

Berikut tadi beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk membuat roti tawar tidak mengeras dan kering serta tahan lama. Selamat mencoba!