Cara Memilih Lemon Berkualitas, Ini 4 Tips Mudahnya, Moms

Pilih Permukaan Kulit Lemon yang Bagus

Buah yang baik pasti memiliki kualitas kulit yang baik pula, makanya kalau ingin memilih lemon berkualitas pertama moms harus perhatikan permukaan kulitnya. Pilihlah lemon dengan permukaan kulit yang mulus dan halus, memar, tidak ada sayatan, guratan, ataupun bintik hitam yang dapat menyebabkan kualitas dari lemon menurun. Lemon yang memiliki permukaan kulit bagus bisa diindikasi jika buahnya kualitas baik dan segar walau tanpa membukanya terlebih dulu ya moms.

Warna Pada Lemon

Di pasaran moms pasti sering menemukan 2 jenis lemon, yaitu lemon lokal dan impor. Dan walaupun lemon impor memiliki warna kuning lebih yang cerah dari lemon lokal namun secara manfaat bukan berarti lemon lokal lebih jelek ya moms. Warna pada lemon yang dimaksud di sini adalah berdasarkan kesegarannya. Jadi, biasanya warna lemon yang masih segar dan berkualitas akan terlihat lebih cerah di banding lemon lama, hal ini berlaku baik untuk jenis lokal maupun impor ya. So, pastikan untuk memilih lemon dengan warna yang masih segar dan tidak kusam.

Cium Aromanya

Meski memiliki kematangan sempurna atau baik, lemon yang segar memiliki aroma asam yang segar. Bahkan pada jenis lemon impor aromanya cenderung lebih harum dan juga tidak seasam lemon lokal. Namun sebaiknya, bila lemon yang moms beli beraroma asam fermentasi, bisa jadi lemon sudah rawan tidak segar dan bisa jadi sudah busuk.

Cara Memilih Lemon Berkualitas, Ini 4 Tips Mudahnya, Moms

Pilih Lemon yang Berbentuk Baik

Pilihlah lemon yang terlihat segar dan memiliki bentuk yang masih baik, tidak berkerut maupun keriput. Sebab lemon dengan kulit yang berkeriput ataupun berkerut bisa menjadi indikasi bahwa lemon tersebut telah lama dibiarkan sehingga kualitasnya pun menurun.

Selain itu, untuk memastikan kualitas lemon moms juga bisa pegang seluruh bagian lemon. Jika lemon yang moms pegang sudah lama atau tidak segar maka akan lembek dan bila masih sangat kasar saat disentuh itu artinya lemon masih mentah. Maka pemilihan lemon yang cenderung bertekstur lembut, lemon dengan tekstur seperti itu akan memiliki kadar air yang lebih banyak.

Itulah moms beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk memilih lemon dengan kualitas baik. Tapi penting untuk diingat ya moms jika kesegeran lemon sebaiknya tidak hanya didapat saat membeli saja tapi juga saat dikonsumsi. Maka dari itu itu sebaiknya simpan lemon pada lemari pendingin sebelum digunakan, sebab dengan begitu kesegaran lemon akan lebih terjaga dalam waktu lama.