Tubuh Sangat Lelah

Tanda pertama kehamilan minggu pertama terlihat saat tubuh seorang wanita menjadi lebih lemah dan mudah sekali lelah. Hal ini biasanya terjadi sedikit berlebihan, misalnya saat mengerjakan hal yang sangat ringan, kamu tetap merasa kelelahan. Hal ini disebabkan karena energi pada tubuh lebih fokus untuk mempersiapkan perkembangan bayi. Tepatnya saat calon janin akan mulai melekat pada dinding rahim. Energi tubuhmu akan kembali sediakala setelah kehamilan memasuki usia kandungan 12 minggu, yaitu saat plasenta sudah sempurna terbentuk. 
 

source: http://jualbantalibuhamil.com/


 


Kesemutan pada Payudara

Banyak dari para wanita mengalami rasa kesemutan pada area payudara saat memasuki minggu pertama kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon serta transformasi bentuk payudara yang bersiap untuk mulai menghasilkan ASI. Tahapan ini sering membuat payudara menjadi lebih mudah kesemutan, serta terasa nyeri dan berat
 

source: http://bali.tribunnews.com/


 

baca juga


Daerah Areola Menjadi Gelap

Selain payudara terasa nyeri, akan ada perubahan lain pada area payudara wanita yang sedang memasuki periode awal kehamilan. Di minggu pertama, daerah areola (area sekitar puting payudara) akan menjadi lebih gelap. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh saat payudara sedang mempersiapkan produksi ASI untuk calon bayi. 
 

source: https://www.healthtap.com/topics/dark-ring-around-areola


 


Flek Merah Seperti Menstruasi

Selanjutnya, pada minggu awal kehamilan juga akan muncul bercak flek merah seperti awal masa menstruasi. Namun, bercak darah tersebut bukanlah bercak menstruasi, melainkan tanda bahwa telah terjadi sel telurmu sudah dibuahi oleh sperma. Biasanya bercak ini akan muncul dalam periode sekitar 5 hingga 10 hari usai pembuahan. 
 

source: http://www.zliving.com/


Nah, itulah beberapa tanda kehamilan awal selain mual dan muntah. Semoga dapat membantu kamu lebih waspada dengan kehamilan pada periode awal, Moms!