Membersihkan Kamar
Hukuman bukan selalu mengenai hal yang harus menakutkan ya mom, adakalanya hukuman juga perlu bermanfaat, contohnya membersihkan kamar. Dengan memberikan hukuman membersihkan kamar, bukan hanya memberi efek jera tapi samping itu membuat anak lebih bersikap dewasa, dan secara tidak langsung mendidiknya untuk lebih mandiri.
 

Susah Disiplinkan Anak 'Bandel'? Coba Hukuman Cerdas Ini Agar Anak Jera

Menulis Kalimat Permohonan Maaf
Ketika anak melakukan kesalahan, penting untuk memberi hukuman yang membuat anak paham akan kesalahannya. Salah satu cara  efektif adalah menuliskan kalimat permohonana maaf. Dengan tulisan tersebut akan membuat hati sang anak lebih tergugah untuk memahami kesalahanya.

Tidak Boleh Main ke Luar Rumah
Melarang anak bermain bisa jadi hukuman yang terasa berat bagi anak ya moms. Karena walau bagaimanapun bermain adalah waktu yang sangat didambakan anak. Jadi dengan memberikan sanksi semacam ini anak bisa lebih mempertimbangkan untuk membuat kesalahan. Namun perlu diketahuinya ya moms, sebaik hindari menggunakan hkuman ini secara berlebihan pada anak, sebab walau bagaimanapun bermain adalah kebutuhan anak.

Menerapkan Waktu Tidur Lebih Awal
Setiap anak pasti memiliki waktu yang berbeda dan sebelum tidur biasanya buah hati memiliki aktivitas favoritnya. Nah, bila moms menghukum anak dengan tidur lebih awal tentu si kecil akan merasa waktunya berkurang dan ini akan memberikan jera. Dengan begitu anak akan memilih memperbaiki kesalahannya ketimbang harus tidur lebih awal.

Susah Disiplinkan Anak 'Bandel'? Coba Hukuman Cerdas Ini Agar Anak Jera

Memberikan Pekerjaan Ekstra
Meminta anak menyapu halaman, merapikan mainan, atau membeli sesuatu juga bisa jadi hukuman tambahan yang bisa moms berikan. Dengan memberi pekerjaan ekstra tentu anak akan semakin memperbanyak aktifitas dibanding bermain dan hal ini juga bisa jadi cara baik untuk mengenalkan anak pada pekerjaan rumah.

Time Out
Time out bisa jadi adalah jenis hukuman yang cukup popular di dunia barat. Cara menghukum dengan metode ini adalah membiarkan anak untuk merenungi kesalahannya dengan berdiam diri di suatu tempat, misalnya kamar. Time out dianggap memberi kesempatan pada anak untuk merenungkan kenakalannya.

Cara ini cukup efektif mengurangi kenalakan anak. Tetapi Dr. Siegel dan Dr. Bryson penulis buku dan pengamat anak memperingatkan para orangtua untuk tidak menggunakan time out sebagai cara menghukum anak. Sebab untuk beberapa anak time out terkadang membuatnya merasa dikucilkan dari keluarga sehingga menyebabkan rasa kurang percaya diri.

Seperti itulah moms contoh-contoh hukuman cerdas yang bisa moms terapkan di rumah. Dan karena setiap anak berbeda pilih hukuman yang benar-benar memberi dampak jera dan membawa manfaat baginya. Selain itu, sebenarnya bukan hanya besar kecil hukuman yang menjadikan anak jera namun ketegasan dan konsistensi juga perlu ya moms.