Jangan Membalas dengan Bereaksi Keras

Saat anak mulai bersikap tidak sopan tentu moms akan merasa kecewa. Dari pada merespon anak dengan reaksi keras yang dapat memperburuk keadaan, akan jauh lebih baik jika moms bersabar. Memang cukup sulit untuk menanganinya jika kondisi seperti ini terjadi. Cobalah untuk tenang dan jika usia anak masih kecil, gendonglah dia dan katakan dengan tegas, misal “Memukul Ayah itu tidak baik, jangan lakukan lagi!"

Jangan Marah Saat Anak Bersikap Tidak Sopan, Ini 5 Cara Merespon yang Tepat!

Abaikan Bila Perilaku Anak Cenderung Mencari Perhatian

Seorang Psikoterapis, Amy Morin mengatakan bahwa mengabaikan di sini semisal anak menolak untuk melakukan sesuatu maka moms harus terus-menerus menyuruh anak tiap beberapa menit sampai beberapa kali agar tetap melakukan yang moms minta. Dan bila anak belum mau melakukannya, diskusikan bahwa bagaimana perasaannya jika orang lain yang berlaku seperti itu padanya. 

 
Beri Konsekuensi Negatif

Hasil sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan di University of Virginia menemukan anak-anak yang tidak sopan cenderung menjadi orang dewasa yang kasar, dan bila moms memaklumi ketidaksopanannya dengan mengatakan, 'namanya anak-anak', hal ini justru tak akan membantu buah hati.

Maka dari itu sebagian besar perilaku tidak sopan harus langsung mendapat konsekuensi negatif. Namun perlu diingat moms jika sanksi yang ingin diberikan harus pertimbangkan usia anak dan seberapa berat pelanggaran yang dilakukan. Misalnya, dengan mengurangi waktu bermain, dilarang keluar rumah atau bisa juga diminta untuk beres-beres.

Jangan Marah Saat Anak Bersikap Tidak Sopan, Ini 5 Cara Merespon yang Tepat!

Gunakan Restitusi

Restitusi adalah melakukan sesuatu untuk membuat ganti rugi atas sesuatu yang telah diperbuat. Contohnya, bila anak memecahkan sesuatu karena marah, maka pastikan anak untuk berusaha memperbaikinya. Atau misalnya ketika anak memukul kakaknya, maka mom bisa menyuruhnya melakukan pekerjaan kakaknya pada hari itu.

Restitusi disini bukan hanya diartikan untuk membayar kesalahan saja ya moms, dengan melakukan hal tersebut moms juga akan membantu anak lebih bertanggung jawab atas perilakunya yang tidak sopan sambil juga memperbaiki hubungannya dengan orang sekitar.

Komunikasi

Menemukan akar masalahnya, adalah cara terbaik memperbaiki sesuatu. Moms saat anak mulai menunjukan sikap yang negatif dalam hal apapun penting untuk mencoba berbicara dengannya. Meskipun untuk sesaat anak masih akan menunjukkan sikap “acuh tak acuh” moms tetap harus berusaha semaksimal mungkin.

Jika masalah perilaku itu terletak pada lingkungan maka moms harus lebih aware pada pertemanan anak. Namun sebaliknya bila masalah diri moms sendiri, maka moms harus memperbaiki masalah perilaku dan memberikan contoh yang baik.

Itulah tadi beberapa tips untuk menghadapi anak yang bersikap tidak sopan ya moms. Semoga dengan info ini moms mampu mengarahkan si kecil pada karakter santun yang lebih baik. Semangat moms!