Apa Penyebab Seorang Ibu Mudah Marah?

Apa Penyebab Moms Mudah Marah di Rumah? Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasinya!

Penyebab seorang ibu marah sebenarnya sangat beragam ya moms namun faktor yang paling umum adalah kelelahan fisik dan mental. Hal ini tentu wajar karena ibu memiliki segudang aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan jadi kelelahan pun terjadi dan menjadikannya mudah marah.

Dan untuk penyebab umum yang lain adalah stres. Stres bisa terjadi bila moms mengalami tekanan akibat menumpuknya tanggung jawab dan disisi lain kurangnya dukungan dari keluarga, terutama suami. Sehingga moms merasa sendiri dan makin uring-uringan.

Penyebab selanjutnya adalah kekhawatiran finansial, sebagai pengatur ekonomi keluarga ibu haruslah mampu menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan. Namun bila hal ini belum mampu moms lakukan dengan baik tentu dapat menyebabkan tekanan mental yang mengakibatkan suka marah-marah saat di rumah.

Dan penyebab terakhir kenapa moms mudah marah adalah kurangnya me time. Hilangnya waktu berkualitas untuk diri sendiri pasti membuat siapa saja makin terbebani dengan tanggung jawabnya.

Apa Penyebab Moms Mudah Marah di Rumah? Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasinya!

Bagaimana Cara Agar Tidak Mudah Marah

Menurut ahli gentle parenting, Sarah Ockwell-Smith, merupakan hal wajar ketika orang tua di satu titik kehilangan kesabaran hingga akhirnya marah ke anak, namun bukan berarti hal ini harus dimaklumi. Karena hal ini tidak baik bagi perkembangan anak.

Moms, bila marahnya moms karena lelah dalam pekerjaan dan pikiran maka penting untuk mengkomunikasikanya segera dengan suami. Cerita pada suami yang moms rasakan, cari solusi bagaimana agar tanggungjawab rumah mampu di kerjakan bersama. Sebab walau bagaimanapun rumahtangga adalah tanggung jawab istri dan suami.

Dan bila moms mudah marah karena stres atau kurang me time. Maka cobalah untuk lebih rileks dengan lakukan hal yang moms sukai. Dan jika moms merasa kesulitan mencari waktu bicarakanlah dengan suami agar mampu memilih waktu yang tepat. Lakukan me time paling mudah misalnya adalah dengan pergi ke salon untuk perawatan diri.

Bila beberapa upaya yang moms lakukan belum membuahkan hasil moms bisa minta batuan terapis untuk mengatasinya, sebab marah yang berlebihan dimanapun berada bukanlah hal yang wajar. Dan jika moms seorang muslim bila moms merasa akan marah maka cobalah untuk ambil air wudhu untuk menghilangkan marah. Sebab dengan berwudu moms bisa menjadikan hati lebih tenang karena mengingat Allah SWT.

Nah, sekarang sudah makin tahu ya moms apa saja penyebab marah dan cara mengatasinya. Dan semoga dengan lebih tahu tentang keduanya moms dapat selalu  terhindari dari marah sehingga seisi rumah makin nyaman dan keluarga pun bahagia. Sebab keluarga bahagia lahir dari ibu yang bahagia.