Mudah Gelisah
Kegelisan yang terjadi pada seseorang dapat bisa saja muncul bila kondisi pikiran tidak tenang dan hal ini juga bisa dipicu adanya kekurangan nutrisi pada otak. Misalnya, otak yang mengandung kekurangan asam amino akan menyebabkan anak tidak bahagia. Sebab protein yang berasal dari tumbuhan dan makanan hewani ini berguna untuk membentuk neurotransmitter yang membantu sang anak untuk merasa bahagia. Jadi apabila otak kekurangan asam amino tentu saja yang terjadi adalah rasa depresi dan kegelisahan pada anak.

Walau Si Kecil Doyan Makan, Kenali 6 Tanda Anak Kekurangan Gizi Yuk!

Hiperaktif
Perilaku hiperaktif pada anak berkaitan dengan kemampuan otak dalam memproses informasi dan tetap tenang dalam waktu yang bersamaan. Sikap hiperaktivitas dapat muncul disebabkan oleh makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung lemak dan pemanis buatan. Jadi bila anak hiperaktif bisa jadi konsumsi sayuran dan buah-buahan belum terpenuhi.
 
Tidak Lancar Berbicara
kekurangan vitamin B12 adalah salah penyebab tidak lancarnya anak berbicar. Vitamin B12 adalah  sebuah vitamin yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Jadi bila si kecil masih belum lancar membaca, moms bisa berikan makanan seperti telur, ikan, ayam, dll yang mengandung B12.

Gigi yang Menumpuk
Menurut Dr Weston A. Price asal Amerika yang telah meneliti pada dua orang anak, menyimpulkan bila seorang anak yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat memiliki perkembangan pada gigi yang tidak beraturan. Dan sebaliknya bila anak yang mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat memiliki gigi yang kuat dan rapi. Maka kalau gigi si kecil bermasalah maka ada yang salah dengan makanan yang dikonsumsinya.

baca juga
Walau Si Kecil Doyan Makan, Kenali 6 Tanda Anak Kekurangan Gizi Yuk!

Seringnya Menderita Demam dan Flu
Apabila anak memiliki intensitas sakit demam dan flu lebih sering terjadi maka patut diwaspadai ini merupakan tanda malnutrisi. Sebab, sistem kekebalan tubuh yang dibentuk oleh vitamin dan gizi tidak berjalan semestinya. Karena antibodi yang kuat akan menyebabkan virus dan kuman akan mudah mati.

Kehilangan Kekuatan Otot
Aktif bergerak adalah ciri anak yang sehat. Namun bila aktifvitas anak rendah itu artinya kekuatan otot pada anak menurun dan akibatnya lemak dalam tubuh akan lebih mudah meningkat dan sang anak akan lebih mudah lelah dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dan dari kondisi ini dapat diketahui bila anak mengalami kekurangan nutrisi. Jadi bila anak lemas moms harus lebih aktif menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Nah seperti lah tadi beberapa tanda kurang gizi yang terjadi pada anak ya moms. Semoga dengan makin tahu moms akan makin aware dengan kebutuhan nutrisi anak. Salam sehat untuk buah hati ya moms.