Namun gaya hidup serta lingkungan banyak menyumbang penguruh terhadap penampilan kulit yang menjadikannya mengalami penuaan dini tanpa kita sadari. Moms harus mulai merawat kesehatan hidup dengan menjaga pola makan, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, dan juga kebersihan kulit wajah.

Lalu apa saja tanda-tanda wajah alami penuaan dini yang wajib Moms ketahui? Yuk Moms simak infonya berikut ini:

 

5 Tanda Wajah Alami Penuaan Dini, Yuk Cegah dari Sekarang!

1. Muncul Flek atau Bercak Hitam

Salah satu tanda umum terjadinya penuaan dini yaitu munculnya flek cokelat dan bercak hitam di area wajah. Hal ini dapat disebabkan oleh terlalu seringnya terpapar sinar matahari, hormon, stres, gaya hidup yang tidak bersih, maupun faktor genetika. Moms disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen saat berpergian upaya menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari bercak hitam di wajah.

2. Wajah Terasa Kasar dan Kering

Penuaan dini juga ditandai dengan wajah yang terasa kasar, kering, dan menjadikannya tampak kusam. Pasalnya kulit telah kehilangan kelembapan dan perubahan tekstur kulit yang menjadi lebih kering. Moms bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembap dan masker yang memiliki fungsi untuk melembapkan agar kulit menjadi halus, terhidrasi, dan tetap kencang dan fresh.

3. Kulit Pipi Mengendur

Ketika Moms sering merasa terlihat lelah dan kusam ini menandakaan Moms telah memasuki penuaan dini. Faktor lainnya juga terjadi pada kulit wajah yang mulai kehilangan elastisitasnya sehingga akan menjadikannya terlihat mengendur. Untuk mengatasinya Moms bisa mencoba melakukan senam wajah yang dapat mengencangkan kulit dan melakukan perawatan wajah atau menggunakan produk perawatan untuk mengatasi kulit kendur. Tidak lupa juga Moms haru selalu menjaga pola makan dengan tidak mengonsumsi makanan manis terlalu sering karena kandungan gula yang cukup tinggi dapat merusak protein pada kulit Moms.

4. Bentuk Bibir Menjadi Lebih Tipis

Jika perlahan Moms merasa bentuk bibir mulai terlihat tipis bisa jadi hal ini karena menipisnya kolagen sehingga mempengaruhi bentuk bibir yang menandakan penuaan dini sudah mendekati. Pilihlah pelembap bibir yang mengandung SPF agar kulit bibir tetap sehat dan terhindar dari sengatan sinar matahari.

5. Lingkaran Gelap dan Perubahan Area Mata

Penanda kita memasuki penuaan dini yang paling terlihat mungkin area mata yang biasanya sering muncul garis-garis halus dan mulai menurunya kelopak mata. Garis hitam pada area bawah mata akan semakin terlihat saat memasuki fase penuaan dini. Moms dapat membantu mengatasinya dengan menggunakan eye cream agar area mata tetap sehat, segar dan tentunya dibantu dengan pola tidur yang cukup dan baik.