1. Dahi

Dilansir dari WolipopDetik, seringnya ketika mengangkat alis, terlihat kerutan di dahi yang melintang atau berbentuk horizontal. Kerutan di dahi menunjukkan bahwa orang tersebut stress dan terlalu banyak pikiran. Tak hanya itu, kerutan di dahi juga menandakan terlalu banyak konsumsi gula dan kurang mengonsumsi air putih. Bila Moms menemukan kerutan di dahi yang berbentuk garis horizontal, sudah saatnya untuk menjaga asupan gizi yang masuk, mengurangi gula, perbanyak minum air putih dan coba untuk relaks.

1. Dahi
source: http://www.istockphoto.com

2. Pangkal hidung

Mungkin terdengar aneh, adanya kerutan di pangkal hidung. Namun, sebagian orang memiliki kerutan di pangkal tulang hidung atau di bagian tengah mata kiri dan kanan. Kerutan di pangkal hidung ini mengindikasikan kalau Moms sedang mengalami alergi dan stress. Kerutan di bagian ini juga menandakan rendahnya libido. Untuk mengatasinya, cari tahu penyebab alergi, kurangi stress dan mengonsumsi asupan makanan yang bergizi tinggi.

2. Pangkal hidung
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

3. Ujung luar mata

Pada bagian ini, biasanya kerutan muncul saat menjelang usia tua. Sebagian orang yang punya cekungan mata yang dalam akan memiliki kerutan di ujung luar mata atau biasa disebut crow's feet saat tertawa. Namun, bagi pemiliki bentuk mata yang normal dan tidak cekung, tetapi memiliki kerutan di luar ujung mata, mengindikasikan masalah kesehatan pada organ tubuh.

Dilansir dari Brightside, kerutan di ujung luar mata terhubung dengan organ dalam seperti hati, ginjal dan perut. Bila mendapati kerutan semakin jelas, segerakan cek ke dokter. Bisa jadi, ada yang salah pada organ tubuh. Moms juga bisa mempertimbangkan untuk hidup sehat, menjaga pola makan dan diet yang tepat dan perbanyak minum air putih.

3. Ujung luar mata
source: http://www.istockphoto.com

4. Bawah mata

Kerutan di bawah mata dan kantong mata biasanya terbentuk ketika seseorang kurang tidur. Namun, bila waktu tidur sudah cukup terpenuhi, tetapi masih tampak kerutan dan semain jelas, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa ada masalah di dalam tubuh. Kerutan di bawah dan atau kantong mata, menandakan sirkulasi darah yang kurang lancar dan masalah pada ginjal. Ada pula seseorang dengan bawaan genetik yang memiliki kerutan di bawah mata dan kantong mata. Untuk mencegah kerutan di bawah mata, atur waktu istirahat dengan tepat, mulailah berolahraga dan menerapkan diet sehat.

4. Bawah mata
source: http://www.beautynesia.id
baca juga

5. Ujung mulut dan cuping hidung

Ketika seseorang tersenyum, area antara ujung mulut dan cuping hidung biasanya akan berkerut dan membentuk garis, biasa disebut sebagai smile lines. Umumnya, seseorang memiliki smile lines, namun bila tidak sedang tersenyum ataupun tertawa, smile lines tetap muncul, kemungkinan ada masalah pada usus besar.

Munculnya smile lines ini menandakan perut sedang sembelit atau susah BAB. Dan juga menandakan bahwa tubuh kurang konsumsi serat dan air putih. Untuk mengatasi hal ini, perbanyak serat dengan mengonsumsi buah dan sayur. Tambah asupan makanan yang kaya akan vitamin D dan berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan usus.

5. Ujung mulut dan cuping hidung
source: http://www.vitaldent.com

Beberapa kerutan muncul di area wajah juga menandakan kondisi tubuh yang dehidrasi atau kurang cairan. Sebaiknya penuhi cairan wajib per hari. Kondisi lingkungan dan udara juga dapat mempengaruhi kerutan yang muncul akibat wajah yang kering. Pastikan selalu mengenakan pelembab dan tabir surya ketika beraktivitas di luar, ya Moms. Jangan lupa perbanyak air putih, makan makanan bergizi dan rajin berolahraga.