Dilansir dari DetikHealth, Profesor dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K), dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) membantah kebenaran dari postingan tersebut. Menurut dr Faisal, minum air kelapa memang dapat membantu mengeluarkan dahak, namun hal tersebut bukan dikarenakan kandungan air kelapa di dalamnya.

"Dahak itu 'kan kental, bagaimana supaya mudah dikeluarkan? Diencerkan. Salah satu caranya dengan banyak minum. Minum air kelapa ya sama saja kaya banyak minum air biasa, dengan begitu cairan masuk ke tubuh sehingga mengencerkan dahak," kata Prof Faisal saat ditemui di Kantor PDPI, Jakarta Timur. Dr Faisal menambahkan saat ini belum ada studi atau penelitian lanjut mengenai khasiat air kelapa untuk paru-paru, "Jadi bukan karena air kelapa bisa (baik) untuk paru-paru. Belum ada data penelitian," lanjutnya.
Viral Air Kelapa Bisa Keluarkan Dahak dan Bersihkan Paru-paru, Ini Kata Dokter
Setelah tips tersebut sudah terbukti tidak benar, lantas bagaimana menjaga kesehatan paru-paru yang tepat? Dilansir dari KlikDokter, berikut adalah tips menjaga kesehatan paru-paru:

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok
Merokok dapat menyebabkan banyak penyakit pada paru-paru, seperti asma, fibrosis paru dan bahkan kanker paru-paru. Selain itu, asap rokok memiliki risiko tinggi dalam penyempitan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya berhenti merokok dan hindari asap rokok, karena perokok pasif memiliki risiko yang sama tingginya dengan perokok akif dalam masalah kesehatan.
Viral Air Kelapa Bisa Keluarkan Dahak dan Bersihkan Paru-paru, Ini Kata Dokter
source: http://www.gettyimages.com
baca juga
2. Hindari paparan polusi
Polusi berdampak buruk bagi kesehatan terutama pernafasan. Paparan polusi seperti debu, asap kendaraan dan polutan lain seringkali menjadi penyebab masalah paru-paru. Apalagi bila menghirup dalam waktu lama dan jumlah yang tak sedikit. Zat polutan dengan mudah masuk ke jaringan paru-paru dan mengganggu sistem pernafasan. Oleh sebab itu, saat beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker dan hindari tempat dengan polusi yang banyak.
Viral Air Kelapa Bisa Keluarkan Dahak dan Bersihkan Paru-paru, Ini Kata Dokter
source: http://www.nationalgeographic.grid.id

3. Olahraga secara rutin
Olahraga berdampak baik pada kesehatan paru-paru. Olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah olahraga jenis aerobik, yaitu jogging, sepeda, berenang atau senam. Selain menyehatkan paru-paru, olahraga juga memperlancar sirkulasi darah pada tubuh. Olahraga yang baik adalah yang rutin dilakukan. Tidak hanya sekali, olahraga sebaiknya rutin dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan minimal 30 menit.

Viral Air Kelapa Bisa Keluarkan Dahak dan Bersihkan Paru-paru, Ini Kata Dokter
source: http://www.medium.com
baca juga

4. Menjaga daya tahan tubuh
Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah menghindari infeksi. Infeksi dapat berdampak langsung pada kesehatan paru-paru, baik dari virus maupun bakteri. Cara mencegahnya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memakai masker bila orang sekitar sedang terjangkit infeksi paru, karena infeksi dapat menular melalui udara. 

Selain itu menjaga daya tahan tubuh juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang, istirahat yang cukup, menghindari stress, tidak merokok dan olahraga secara rutin. Bila perlu, tambahkan multivitamin dan mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Viral Air Kelapa Bisa Keluarkan Dahak dan Bersihkan Paru-paru, Ini Kata Dokter
source: http://www.medicalnewstoday.com

Paru-paru adalah salah satu organ penting penunjang kehidupan. Sudah sebaiknya, menjaga kesehatan paru-paru bukan, Moms? Semoga tips di atas bisa diterapkan, ya!