Dilansir dari laman Detik, bocah perempuan yang terluka wajahnya akibat gigitan anjing pitbull itu diketahui bernama Mishael Wike Tannaka. 

Anak 8 Tahun Kritis Digigit Anjing Pitbull, Bagaimana Pertolongan Pertama Saat Terkena Gigitan?
source: https://news.detik.com/

Menurut informasi kejadian yang menimpa Mishael ini terjadi pada Sabtu (23/11) sekitar pukul 16.00 WIB. Kejadian itu berawal saat korban sedang bermain dengan anjing tersebut. Tiba-tiba korban lalu diserang hingga mengalami luka-luka di bagian wajah dan kepala.

Dikutip CNNIndonesia, teman ibu korban, Noviani, mengunggah peristiwa itu melalui akun Facebook-nya pada Sabtu (23/11) pukul 20.28 WIB. Ia pun menuliskan permohonan bantuan untuk biaya operasi agar meringankan beban keluarga korban. Kabar bocah ini digigit anjing lantas viral di media sosial.

Yenzhou, ibu korban, juga melalui akun sosial media miliknya memberikan informasi tentang kondisi anaknya sembari meminta uluran tangan masyarakat untuk meringankan biaya pengobatan anaknya. Yenzhou mengaku tidak memiliki cukup uang karena hanya bekerja sebagai pedagang sementara suaminya Zefry Tan tidak memiliki pekerjaan.

Anak 8 Tahun Kritis Digigit Anjing Pitbull, Bagaimana Pertolongan Pertama Saat Terkena Gigitan?

Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin membenarkan bahwa korban memang dilarikan ke rumah sakit milik Pemko Medan tersebut.

"Iya, sempat dirawat di IGD. Tapi setelah itu, atas permintaan keluarga, pasien lalu diarahkan ke Rumah Sakit Columbia," ungkapnya, Minggu (24/11).

Saat itu, Edison mengaku pasien hanya mendapatkan perawatan luar atas luka-luka yang dialaminya. Namun ia tidak merinci lebih lanjut soal kondisi luka yang didapatkan korban.

"Kalau apakah ada rabies, kita juga belum tahu. Karena penanganan yang kita lakukan kan hanya awal saja yaitu pada lukanya," jelasnya.
 

baca juga

Pertolongan Pertama Saat Mengalami Gigitan Anjing

Kejadian yang menimpa Mishael tentu saja bisa terjadi pada siapa saja. Mengingat sebelumnya ada kasus serangan anjing terhadap manusia terjadi pada seorang asisten rumah tangga bernama Yayan yang ditemukan tewas di kediaman majikannya. Untuk itu, perlu diketahui nih Moms pertolongan pertama seperti apa yang harus dilakukan jika mengalami gigitan anjing.

Dilansir dari WebWD, berikut beberapa langsung yang perlu dilakukan ketika digigit anjing antara lain:

  • Langsung cuci bersih luka gigitan memakai air mengalir dan sabun. 
  • Setelah dibersihkan luka gigitan bisa dibilas dengan air hangat selama beberapa menit dengan kain bersih. 
  • Usai dikeringkan, lalu pergunakan handuk bersih untuk diletakkan di atas luka agar menghentikan pendarahan akibat gigitan anjing.
  • Cobalah untuk tetap menjaga area yang terluka agar berada lebih tinggi daripada bagian lainnya. 
  • Oleskan salep antibiotik pada bagian yang luka. 
  • Gunakan perban steril yang bisa digunakan untuk menutup bagian luka agar salep bekerja dengan optimal. 
  • Pergilah ke dokter untuk memastikan luka akibat gigitan anjing tidak semakin parah dan mencegah kemungkinan terjadinya rabies. 
Pertolongan Pertama Saat Mengalami Gigitan Anjing

Jika luka gigitan anjing belum berdarah, sebaiknya pegang luka dengan hati-hati agar darah dapat keluar. Ini bertujuan agar mencegah bakteri masuk ke dalam luka. 

Ketika sudah melakukan pertolongan pertama akibat gigitan anjing, maka usahakan tidak terus menunda terlalu lama khususnya jika digigit oleh anjing yang terinfeksi rabies. 

Ciri Infeksi Pada Gigitan Anjing

Selain melakukan pertolongan pertama setelah mengalami gigitan anjing, Moms juga harus tahu bagaimana ciri infeksi yang terjadi setelah mengalami gigitan anjing. Di antaranya adalah:

  • Terjadi pembengkakan di sekitar luka gigitan. 
  • Luka gigitan akan memerah walau sudah dibersihkan. 
  • Tubuh akan mulai terasa lemas karena otot-otot tubuh melemah. 
  • Mulai mengalami demam dan tubuh terasa menggigil.
  • Keluarnya cairan atau nanah dari luka bekas gigitan anjing. 
Ciri Infeksi Pada Gigitan Anjing
source: https://www.cnnindonesia.com/

Ketika gigitan bersumber dari anjing yang sudah terindikasi memiliki rabies, maka seseorang yang telah digigit akan mengalami linu seperti kesemutan, tubuh seolah sedang terkena gejala flu hingga mulai merasa gelisah. 

Wah Moms, cukup berbahaya, ya. Meski terlihat bersahabat, namun Moms dan keluarga harus tetap berhati-hati jika berdekatan dengan hewan peliharaan. Karena apapun bisa saja terjadi. Semoga Mishael cepat pulih pasca operasi, ya.