Dilansir dari DetikFood, terdapat lima jenis variasi olahan pancake yang berbeda dari berbagai negara. Salah satunya dari Indonesia, lho!

1. Serabi (Indonesia)

Lezat Untuk Sarapan, Ini 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara
source: https://www.tasteatlas.com/

Tentu Mommy sudah tidak asing dengan serabi. Ya, makanan nusantara ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis pancake khas Indonesia. Meskipun populer sebagai camilan khas Sunda, serabi ternyata juga ada di beberapa daerah lain. Bahkan, tiap daerah juga memiliki tipenya tersendiri untuk cita rasa serabinya. Namun, kue serabi sangat khas dengan cita rasa yang gurih dan teksturnya yang kenyal.


2. Pajeon (Korea)

Lezat Untuk Sarapan, Ini 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara
source: https://www.maangchi.com/

Buat Mommy yang merupakan penggemar drama atau tayangan Korea, pasti makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Ya, pajeon merupakan salah satu jenis variasi pancake asal Korea. Pajeon sendiri terbuat dari tepung dengan daun bawang sebagai campuran adonannya. Untuk menikmatinya, pajeon biasanya disajikan besama dengan kecap asin. Karena rasanya yang gurih, pajeon juga kerap dijadikan lauk pendamping nasi.

baca juga


3. American Pancake (Amerika)

Lezat Untuk Sarapan, Ini 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara
source: https://realfood.tesco.com/

Nah, kalau pancake asal Amerika ini memang paling terkenal karena menjadi representasi dari "wajah pancake" itu sendiri. Biasanya pancake khas Amerika memiliki bentuk pipih dan bulat. Bahan-bahannya terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu, yang dicampur dan diaduk menjadi satu adonan yang kental. Memasaknya pun sangat sederhana, yaitu dengan dituang pada wajan datar yang sudah diolesi mentega.


4. Crepes (Perancis)

Lezat Untuk Sarapan, Ini 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara
source: https://tastesbetterfromscratch.com/

Jajanan kue tipis ini pasti sudah tidak asing untuk Mommy. Ya, ternyata crepes masih masuk dalam keluarga pancake, lho. Pasalnya, bahan-bahan untuk adonan crepes juga sama seperti pancake, yaitu tepung terigu, telur, susu, margarin, air, serta baking powder. Namun, yang membedakannya adalah crepes dimasak dengan dibuat tipis, berbeda dengan pancake Amerika yang lebih berisi. Penyajiannya pun biasanya dilengkapi dengan isian seperti buah dan es krim, kemudian dilipat menjadi bentuk segitiga seperti pizza. Yum!

baca juga


5. Fluffy Pancake (Jepang)

Lezat Untuk Sarapan, Ini 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara
source: https://houseandhome.com/

Terakhir, negeri Sakura ini ternyata juga punya variasi resep pancake. Ia memiliki pancake dengan tekstur yang lebih lembut dan fluffy. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan sebutan Souffle Pancake. Berbeda dengan pancake ala Amerika, fluffy pancake disajikan dengan ukuran yang lebih tebal dan tekstur yang empuk. Cocok banget untuk disajikan dengan krim susu, potongan buah dan es krim.