1. Susu kedelai

Dilansir dari DetikFood, susu kedelai mudah ditemukan di mana-mana, dari pasar hingga supermarket. Susu kedelai adalah sari dari rebusan kacang kedelai. Susu kedelai dinilai banyak bermanfaat bagi tubuh. Manfaat dari susu kedelai antara lain, dapat menurunkan kadar kolesterol, memperbanyak ASI, memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker dan dapat menurunkan berat badan. Susu kedelai pun bisa dibuat di rumah dengan cari merendam kacang kedelai lalu merebusnya dengan gula dan daun pandan.

1. Susu kedelai
source: http://www.everydayhealth.com

2. Susu almond

Susu almond belakangan ini cukup hits dan dipercayai sebagai pengganti susu sapi yang nikmat. Susu almond juga sangat digemari oleh penggiat diet ataupun yang menjalani hidup vegan. Kandungan susu almond ini memiliki kalori yang lebih rendah dari susu sapi namun memiliki manfaat yang tidak kalah dari susu sapi. Manfaat dari susu almond antara lain menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes dan juga menyehatkan tulang. Sekarang susu almond banyak ditemukan di mana-mana dan dikemas dengan kemasan yang menarik.

2. Susu almond
source: http://www.medicalnewstoday.com
baca juga

3. Susu beras

Selain susu kedelai dan susu almond, susu beras juga bisa dijadikan pengganti susu sapi. Susu beras biasanya terbuat dari beras merah. Namun, karena rasanya yang hambar, banyak yang menambahkan susu beras ini dengan pemanis. Susu beras ini rendah lemak namun tinggi karbohidrat. Kandungan susu beras ini dipercayai dapat menurunkan kadar kolesterol, kaya vitamin dan kalsium. Susu beras juga mengandung banyak antioksidan dan rendah alergen.

3. Susu beras
source: http://www.oatmealwithafork.com

4. Susu gandum (oat)

Sama seperti susu almond, susu gandum atau oats juga tengah digemari. Susu oat bisa menjadi altenatif lainnya bila sedang menghindari susu sapi. Tidak kalah dengan susu nabati lainnya, kandungan nutrisi pada susu oats atau susu gandum juga baik bagi kesehatan. Pada dasarnya oat memiliki kandungan rendah lemak dan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. Cara buatnya pun cukup mudah.

4. Susu gandum (oat)
source: http://www.cleaneatingkitchen.com
baca juga

5. Susu kelapa

Terakhir sebagai susu nabati pengganti susu sapi, yaitu susu kelapa. Umumnya, orang mengenal dengan sebutan santan. Tidak hanya digunakan untuk masakan, santan juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Manfaat yang didapat dari susu kelapa antara lain, membantu menyeimbangkan berat badan, meningkatkan sistem imun dan membantu menurunkan kolesterol. Susu kelapa atau santan ini banyak ditemukan di pasar maupun supermarket. Saat ini, banyak kedai yang mengolah santan menjadi minuman yang enak dan gurih.

5. Susu kelapa
source: http://wwww.draxe.com

Ternyata ada banyak pilihan pengganti susu sapi, ya. Bagi Moms yang vegan atau alergi dengan susu sapi, bisa mencoba pilihan susu nabati ini. Kira-kira yang mana yang jadi favorit Moms?