Dilansir NewsDetik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berbicara soal pentingnya anak-anak untuk dilatih berimajinasi dan berpikir kreatif. Untuk itu, dia mengajak para orang tua meluangkan waktu membacakan dongeng kepada anak.

Nadiem berpendapat bahwa awal mula seorang anak bisa mencintai buku dan senang bercerita adalah diawali dengan mendongeng.

Punya Banyak Manfaat, Nadiem Minta Orang Tua Banyak Mendongeng Untuk Anak
source: https://news.detik.com/
"Apa maknanya mendongeng dan membaca itu? Maknanya adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita dan mencintai buku. Karena dari cerita itulah kita menciptakan imajinasi dan dari situlah kita berlatih jadi kreatif," ujar Nadiem saat memberikan sambutan pada acara Hari Mendongeng Nasional di Perpustakaan Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).
source: https://news.detik.com/

Dalam acara Hari Mendongeng Nasional ini merupakan rangkaian acara Pekan Perpustakaan Kemendikbud tahun 2019. Nadiem juga mengajak istrinya, Franka Nadiem Makarim, untuk ikut mendongeng kepada anak-anak.

Nadiem juga mengatakan segala hal yang ada di dunia diawali melalui imajinasi. Karena itu, dia menegaskan, kemampuan berpikir dan berimajinasi adalah kunci dari kesuksesan di masa depan.

"Jadi mohon kepada orang tua untuk membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Mohon dilakukan setiap malam kepada anak, tak hanya Ibunya, Bapaknya juga harus ikutan berpartisipasi. Di rumah, kalau malam kita juga mendongengkan bayi kita," ujarnya.

Manfaat Mendongeng Untuk Anak

Seperti dijelaskan oleh Nadiem Makarim, bahwa segala hal yang ada di dunia diawali melalui imajinasi. Karena itu dia meminta para orang tua untuk membacakan dongen untuk anak-anaknya setiap malam.

Seperti dilansir Haibunda, menurut YaeBin Kim, Ph.D., parenting and family literacy specialist di University of Nevada Cooperative Extension, dongeng bisa diberi ke anak bahkan sejak mereka di dalam kandungan. Atau saat bayi dan batita, Bunda dan Ayah bisa mendongeng hal-hal sederhana.

Manfaat Mendongeng Untuk Anak
source: https://www.haibunda.com/
"Seperti pengalaman Anda hari itu, cukup jelaskan dengan bahasa sederhana. Atau, orang tua juga bisa mendongeng tentang hal-hal di keluarga ketika sedang berlibur. Sisanya, orang tua bisa mendongeng berbagai macam hal untuk sang anak," kata Kim dalam jurnal Family Storytelling and the Benefits for Children.
source: https://www.haibunda.com/

Nah Moms, berikut ini manfaat mendongeng untuk anak, apa saja?

  • Meningkatkan kemampuan bahasa anak, ketika orang tua bercerita, anak akan mendengar banyak kosakata baru. Dengan begini, kemampuan berbahasa dan berkomunikasinya meningkat. Untuk itu, jangan lupa ajak dia berinteraksi agar terjadi komunikasi dua arah. Dengan begitu, anak akan berlatih melakukan komunikasi dengan orang yang membawakan dongeng untuknya, sehingga kemampuan komunikasinya terasah.
  • Menambah konsentrasi, saat mendengarkan cerita atau dongeng, pasti anak butuh konsentrasi supaya dia bisa mengikuti alur cerita. Nah, maka dari itu ketika orang tua sering mendongeng untuk anak, salah satu manfaat yang bisa dirasa anak adalah dia lebih terlatih untuk berkomunikasi.
  • Mengasah imajinasi, menurut Komang Jaya Uphadana, S.Sos, seniman dan pendongeng, mendongeng merupakan interaksi visual antara pendongeng dengan anak-anak, sehingga dapat membangun otak kanan dan imajinasi mereka.
  • Meningkatkan rasa percaya diri anak, ketika orang tua mendongengkan cerita terkait keluarga mereka. Dengan begini, anak akan tahu bagaimana keluarganya dan asal-usulnya seperti apa. Sehingga, si kecil lebih memahami dirinya dan lebih percaya diri dengan identitasnya.
  • Lebih dekat dengan orang tua, Ketika anak sering didongengkan oleh orang tuanya, otomatis akan tercipta bonding yang lebih lekat dengan orang tuanya. Studi menunjukkan, bonding yang erat antara anak dan orang tua bisa membuat anak lebih percaya diri, merasa aman, dan mau terbuka dengan orang tuanya. Kemampuan mereka dalam bersosialisasi pun lebih baik.
Nah, tunggu apa lagi, Moms? Siapkan banyak buku cerita sebagai bahan mendongen untuk anak setiap malam ya, Moms. Selamat mendongeng Mommies.