1. Olahraga Ringan Tapi Rutin

Melakukan olahraga saat hamil tua sangat dibutuhkan untuk melancarkan peredaran darah agar persalinan berjalan lancar. Nah, untuk mengatasi sakit pinggang Moms wajib melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi atau sore hari. Gunakan sendal yang berbahan empuk agar kaki tetap nyaman selama berolahrga. Selain itu lakukan gerakan-gerakan kecil seperti peregangan tangan dan juga kaki agar otot-otot tidak terasa kaku. 

source: http://www.parenting.com

2. Pijat

Sembari mengurus rumah tangga Moms bisa meluangkan waktu untuk melakukan pijat di tempat spa atau dengan pijat tradisional. Lakukan pijat lembut di area-area tubuh yang sering pegal seperti pinggang, tangan, dan bahu. Selain itu jangan lupa gunakan minyak atau cream pijat yang berbahan alami seperti minyak zaitun atau cream yang mengandung buah atau bunga alami. Selain aman buat janin, bahan-bahan alami untuk menghindari Si Janin terhindar dari kontaminasi produk kimia. 

source: http://yaletownnaturopathic.com
baca juga

3. Kompres Air Hangat

Sakit pinggang ketika hamil tua memang mengganggu aktivitas karena kita tidak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga secara maksimal. Selain dengan pijat Moms bisa mengompres bagian pinggang dengan air hangat. Caranya sangat mudah kok, rendam handuk lembut ke dalam air hangat lalu kompres ke bagian pinggang dan tubuh lainnya yang dirasa pegal. Lakukan treatment ini setiap sebelum mandi sore agar meringankan rasa pegal. 

source: http://content.artofmanliness.com

4. Tidur Menyamping

Gunakan posisi tidur menyamping dan tekuk salah satu lutut dengan menggunakan alas bantal yang terlalu tebal. Letakkan juga bantal di bawah perut dan di belakang punggungmu untuk menopang perut agar tidur lebih nyaman. Ganti posisi ke kanan dan kiri agar Moms tidak terasa pegal di bagian pinggang. 

source: https://medimetry.com