Seorang pria bernama Jiang Jianqi dikenal sebagai salah satu satu pendiri dan pemimpin dari perusahaan bernama Xiangpiaopiao Food. Ini adalah perusahaan pemasok teh susu instan terbesar yang ada di China. Bahkan, Forbes mencatat bahwa perusahaan tersebut telah masuk dalam daftar perusahaan di Bursa Efek Shanghai sejak tanggal 30 November 2017.

Hanya dari Berjualan Teh Susu, Pria Ini Miliki Harta 16 Triliun Rupiah
source: https://daxueconsulting.com/

Dilansir dari Detik, Xiangpiaopiao kini telah memiliki 1.095 distributor di China yang tercatat sejak akhir September 2017. Jumlah ini sudah mencakup semua provinsi di China. Tidak heran jika perusahaan ini disebut sebagai salah satu perusahaan teh susu terbesar di China. Meskipun sudah memiliki pencapaian yang tinggi, Jiang sebelumnya bekerja sebagai pekerja di bagian Administrasi Kereta Api Shanghai selepas ia lulus dari sekolah teknik tingkat menengah.

Tidak lama menjadi seorang pekerja administrasi, Jiang kemudian memilih untuk mencoba bekerja di sebuah pabrik mangkok nasi dan pabrik makanan. Semua itu ia jalani hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjalani bisnis sendiri. Pada awalnya, ia mencoba peruntungan di bisnis es krim. Sayangnya, ia sadar bahwa bisnis es krim adalah bisnis yang musiman dan hanya akan meningkat penjualannya di musim panas.

Hanya dari Berjualan Teh Susu, Pria Ini Miliki Harta 16 Triliun Rupiah
source: https://www.scmp.com/

Hingga akhirnya ia melihat sebuah kedai teh susu yang ramai dikunjungi orang. Karena penasaran mengapa kedai itu begitu ramai, ia pun ikut mengantri dan mencoba membeli teh susu yang dijual di sana.  Dia melihat orang-orang berbaris cukup panjang di sana. Tidak mau dibawa rasa penasaran, dia memutuskan ikut antre membeli secangkir teh susu. Saat sedang mengantri, Jiang pun berpikir bahwa ini adalah bisnis yang cukup menjanjikan. Belum banyak orang yang menjual teh susu, tetapi sudah banyak peminatnya. Ia pun resmi mendirikan Hong fluttering tea pada Agustus 2005.

baca juga

Ia pun menggeluti usahanya ini dengan sangat tekun. Beragam cara dan teknik pemasaran ia lakukan untuk membuat produknya terjual lebih banyak. Hingga akhirnya ia mampu menjual lebih dari 1 miliar gelas teh susu hanya dalam waktu satu tahun. Saat ini, ia tercarar memiliki kekayaan senilai US$ 1,2 miliar atau setara dengan 16,8 triliun rupiah.